Sambangi Warga Desa Bhabinkamtibmas Himbau Cegah Karhutla

0
148

Kelam Permai – Di wilayah Kabupaten Sintang khususnya di Kecamatan Kelam Permai sudah mulai memasuki musim penghujan. Walaupun sudah mulai memasuki musim penghujan, Bhabinkamtibmas tetap melakukan antisipasi dan pencegahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan dengan melaksanakan himbauan tentang larangan karhutla dengan warga masyarakat binaannya di Desa Gemba Raya Kecamatan Kelam Permai Kabupaten Sintang. Sabtu 16/11/19.

Seperti yang dilakukan Bhabinkamtibmas Polsek Kelam Permai Bripda Ariadi melakukan himbauan pencegahan kebakaran hutan dan lahan dengan cara sambang dan pembentangan spanduk bersama warga masyarakat, dengan ini diharapkan warga masyarakat paham tentang bahaya kebakaran hutan dan lahan bagi kesehatan maupun kelestarian lingkungan.

“Diharapkan masyarakat sadar bahwa membakar hutan atau lahan dapat menggangu kesehatan, dan masyarakat pun mengetahui sanksi pidana pembakaran hutan dan lahan”, terang Bripda Ariadi.

Untuk itu, pihaknya berharap masyarakat juga memahami akan bahaya dan ancaman berbahaya dari karhutla. Sehingga tidak melakukan hal-hal yang menyebabkan kebakaran terjadi.

Ditempat terpisah Kades Gemba Raya Petrus Nian juga Menerangkan,Kita sudah ingatkan kepada petani.

Penyuluhan juga diberikan kepada warga dan para petani padi untuk tidak membakar jerami habis panen. Pasalnya, banyak area persawahan yang lokasinya berdekatan dengan kawasan hutan.

“Kami juga himbau petani jangan membakar jerami sehabis panen karena dampaknya bisa meluas menyebabkan karhutla. Di samping itu pembakaran jerami sehabis panen juga menyebabkan munculnya kabut asap yang berdampak pada terganggunya aktivitas serta kesehatan masyarakat,” tandasnya. 

Kapolsek Kelam Iptu Hariyanto menerangkan, “Bahwa kepolisian mengedepankan upaya pencegahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan yang diakibatkan oleh perbuatan manusia, maka dari itu kami akan terus melakukan sosialisasi tentang karhutla kepada masyarakat, dengan mengajak untuk tidak membuka lahan pertanian atau perkebunan dengan cara dibakar khususnya pada saat musim kemarau ”, ujar Kapolsek.

Penulis: Troyan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here