Polres Sintang Gelar Apel Pasukan Memulai Operasi Zebra Kapuas 2019

0
251

Sintang – Jajaran Polres Sintang melakukan apel gelar pasukan Operasi Zebra Kapuas tahun 2019 di halaman Mapolres Sintang hari ini, Rabu, 23 Oktober 2019.

Apel tersebut dipimpin oleh Kapolres Sintang AKBP Adhe Hariadi, S.I.K., MH dengan peserta yang ikut dalam upacara terdiri dari para personel gabungan TNI-Polri, Polisi Militer, Dinas Perhubungan dan Satpol PP.

Kapolres Sintang dalam sambutannya mengatakan, apel gelar pasukan tersebut untuk mengawali Operasi Zebra Kapuas tahun 2019, yang akan dimulai hari ini 23 Oktober – 5 November 2019 mendatang secara serentak di seluruh Indonesia.

Baca juga: Kapolres Sintang Pimpin Upacara Hari Santri Nasional Ke-5

“Kegiatan apel gelar pasukan ini dilaksanakan untuk melihat sejauh mana kesiapan personel maupun perlengkapan penunjang lainnya, agar pelaksanaan bisa berjalan lancar,” Ucap Adhe.

Berdasarkan amanat Kapolda yang dibacakan oleh Kapolres Sintang bahwa data kecelakaan lalu lintas pada pelaksanaan operasi zebra tahun 2018 lalu sejumlah 7 kejadian. angka ini mengalami penurunan 4 kejadian atau -36,36% dari operasi sebelumnya di tahun 2017.

Jumlah korban meninggal dunia pada operasi zebra tahun 2018 lalu sejumlah 5 orang. mengalami kenaikan sejumlah 2 orang atau 66,67% dari operasi sebelumnya di tahun 2017. Sedangkan jumlah pelanggaran lalu 4 lintas pada pelaksanaan ops zebra kapuas tahun 2018 sejumlah 26.595 pelanggaran, dengan jumlah tilang sebanyak 23.267 lembar, dan teguran sejumlah 3.328 lembar.

Baca juga: Detik-Detik Pelantikan Presiden, Polres Sintang Siaga 1 Dan Gelar Patroli Gabungan

Lebih lanjut dia berharap operasi zebra dapat terlaksana dengan baik, guna mewujudkan keamanan, keselamatan, dan kelancaran serta ketertiban dalam berlalulintas.

“Sehingga bisa semakin menekan terjadinya pelanggaran dan terjadinya kecelakaan dalam berlalulintas,” harapnya.

“Dalam melaksanakan amanat UU no 22 tahun 2019 tentang lalu lintas angkutan jalan. Mewujudkan keselamatan dalam berlalulintas, Polri khususnya Polantas sebagai penggerak revolusi mental serta pelopor tertib sosial di ruang publik,” tambah Adhe.

Operasi Zebra kali ini dilaksanakan sebagai sarana cipta kondisi menjelang Operasi Lilin tahun 2019 yang ditujukan guna meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas serta meminimalisir pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here