Kendaraan Air Jadi Transportasi Utama Bhabinkamtibmas Polsek Ambalau

0
377

Ambalau – Sebagai sarana penunjang kegiatan dilapangan setiap anggota Bhabinkamtibmas memperoleh kendaraan dinas yaitu R2 (Motor Darat) dan beberapa Polsek yang berada di daerah aliran sungai juga memperoleh kendaraan air dinas yaitu Speed Boat.

Polsek Ambalau adalah satu Polsek dari tiga Polsek jajaran Polres Sintang juga memperoleh kendaraan air dinas berupa speed boat dinas bermesin 40 Hp. Hal tersebut melihat letak georafis Kecamatan Ambalau yang dikelilingi oleh sungai dan terdapat 33 desa yang juga berada disepanjang aliran sungai di wilayah Kecamatan Ambalau.

Ditemui saat akan berangkat ke desa binaannya Desa Nusa Poring, Jumat (12/6/20) menggunakan Speed Boat Dinas Bhabinkamtibmas Bripda Deden mengatakan, hanya ada beberapa desa yang bisa ditempuh melalui jalan darat dan itupun hanya pada saat jalan kering dan tidak hujan, untuk kendaraan Speed Boat dinas ini hanya bisa digunakan saat air sedang pasang saja, apabila air surut jalur sungai hanya bisa ditempuh menggunakan Chis (ketinting) atau loong boat.

Beratnya medan dan biaya operasional yang tinggi untuk menuju desa binaan menggunakan transportasi air menjadi kendala dan tantangan sendiri bagi kami bhabinkamtibmas di wilayah perhuluan sungai, “Terang Bripda Deden.

Seperti halnya Brigadir Marten salah satu rekan kami anggota bhabinkamtibmas yang membeli kendaraan air sendiri untuk menuju desa binaannya di jalur sungai ambalau yaitu Desa Buntut Purun, karena untuk menuju kesana hanya bisa ditempuh menggunakan loong boat karena banyaknya riam dan tidak bisa melalui akses darat.

“Kami dari pihak kepolisian Polsek Ambalau berharap dengan segala keterbatasan kami tetap dapat memberikan pelayanan terbaik untuk menjalin sinergitas yang erat bersama masyarakat di Kecamatan Ambalau, dan tentunya kami selalu berharap kerjasama dan dukungan semua pihak yang ada di Kecamatan Ambalau untuk menjaga dan mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif”, Ungkap Bripda Deden.

(Wardhi/Yob)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here