Polri Akan Bekerjasama Dengan Perusahaan di Sintang Dalam Penanggulangan Karhutla

0
489
Foto Wakapolres Sintang Kompol Wiwin Samsul Arifin bersama Kabagops Polres Sintang AKP Budi Darmawan

Sintang – Dalam upaya pencegahan terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), Polres Sintang menggelar rapat penyusunan kerja sama yang meilputi hampir seluruh Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit yang beroperasi khususnya di Kabupaten Sintang, Senin (13/12).

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Wakapolres Sintang Kompol Wiwin Samsul Arifin dengan didampingi oleh Kabag Ops Polres Sintang AKP Budi Darmawan serta turut dihadiri oleh masing-masing perwakilan dari Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit.

Dalam rapat ini disamping melakukan penyusunan kerja sama juga dilaksanakan sosialisasi penggunaan Aplikasi Sistem Analisa Pengendalian (ASAP) Digital Nasional yang baru-baru ini diresmikan langsung oleh Kapolri.

Baca juga: Pamor Persada Akabri 2000 Serahkan Bantuan Kepada Warga Terdampak Banjir di Sintang

ASAP Digital Nasional ini nantinya bakal berintegrasi dengan aplikasi penanganan karhutla sehingga dengan adanya hal tersebut dapat mempercepat pencegahan serta penanganan kebakaran hutan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Wakapolres Sintang kepada masing-masing perwakilah perusahaan bahwa dengan adanya aplikasi ini tim penanggulangan mengetahui dan melihat secara cepat atau real time terhadap titik api yang mana dengan itu pencegahan dan penanganan dapat segera dilakukan oleh petugas dilapangan.

Disisi lain dengan adanya aplikasi ASAP Digital Nasional ini dapat mempermudah peroses penyelidikan dan penyidikan terhadap para pelaku pembakaran hutan dan lahan baik yang disengaja maupun tidak disengaja.

“Harapan kami bersama tentunya dengan adanya aplikasi ini maka upaya kami untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan bisa kami lakukan secara cepat. Kedua tentunya dengan aplikasi ini kami juga bisa melakukan langkah-langkah lanjut untuk laksanakan penyelidikan dan penyidikan terhadap pelaku yang tertangkap oleh aplikasi ini untuk bisa kami proses lanjut,” tutup Wiwin. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here