Pohon Pinus, Solusi Atasi Karhutla di Tahun 2020

0
321

Kayan Hilir – Kepolisian Sektor Kayan Hilir, melalui Kapolseknya AKP Ya’ Yanto melakukan sosialisasi tentang cara dan membudidayakan Tanaman Pohon Pinus yang selama ini terlantar dan tidak di rawat oleh masyarakat. 14/1/20.

Pohon-pohon Pinus yang saat ini adalah Pohon Pinus di masa peninggalan Perusahaan inhutani yang sudah lama di terlantarkan dan bahkan terkesan di biarkan, sehingga banyak yang sudah di tebang oleh masyarakat dan lahannya di gunakan untuk berladang.

Dalam program Sosialisasi tersebut masyarakat sangat menyambut dengan baik adanya program tersebut dan Sepertinya banyak masyarakat yang optimis dengan di canangkan program tersebut akan banyak membantu perekonomian keluarga dan menambah penghasilan masyarakat, terang salah satu Warga Desa Engkarangan yang tidak mau di sebutkan namanya.

Warga tersebut juga sangat menyayangkan kenapa program tersebut baru di lakukan sekarang, sementara pohon-pohon Pinus tersebut sudah banyak yang mati dan di musnahkan.

Setelah menjelaskan manfaat dan fungsi Pohon Pinus tersebut secara detail, Kapolsek Kayan Hilir AKP Ya’ Yanto juga langsung mempraktekkan dan memperagakan cara penorehannya melalui tim Koperasi Produsen Tumbuh Jaya Mandiri selaku penampung hasil penyadapan Pohon Pinus tersebut.

Setelah Praktek cara penyadapan pada hari itu juga masyarakat langsung di bagikan alat untuk mengambil air pohon Pinus tersebut, seperti pisau sadap, seng untuk talang saluran getah, gelas untuk menampung getah di pohon, alat Semprot untuk menyemprotkan obat Perangsang di jalur sadapan.

Setelah seluruh rangkaian kegiatan sosialisasi tersebut selesai di lakukan, salah satu masyarakat Di Desa Engkarangan tersebut mengatakan bahwa dengan adanya salah satu program dari pihak pemerintah maupun swasta yang peduli dengan masyarakat dan memberi solusi untuk mencegah ada nya ladang berpindah dan pembakaran hutan dan lahan adalah dengan salah satu inilah caranya, sehingga jumlah petani yang membakar lahan pun berkurang terang warga tersebut.

Sementara dari pihak penyelengaraan kegiatan tersebut mengucap kan banyak terima kasih kepada masyarakat Desa Engkarangan yang sudah meluangkan waktunya untuk menghadiri acara tersebut,

Setelah merasa semuanya sudah di sampaikan, pihak dari Koperasi Produsen Tumbuh Jaya Mandiri selaku penyelenggara kegiatan Sosialisasi bersama dengan Kapolsek Kayan Hilir selaku Tuan Rumah di wilayah kecamatan Kayan Hilir, mohon pamit dan undur diri kepada warga tersebut.

Penulis: Dartinus
Editor: Yob

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here