Peduli Lingkungan, Polres Sintang Bersih-Bersih Kawasan Waterfront

0
215
Potret Kapolres Sintang AKBP Dwi Prasetyo

Sintang – Sebagai wujud kepedulian terhadap kebersihan lingkungan, Polres Sintang Kamis (13/7) menggelar kerja bakti membersihkan sampah di sepanjang Kawasan waterfront pesisir sungai Kapuas.

Pada kegiatan tersebut tak luput Kepolisian juga merangkul sejumlah stakeholder terkait serta berbagai elemen masyarakat mulai dari kalangan pelajar hingga remaja pecinta lingkungan dan masyarakat umum.

Ditemui saat berada di lokasi, Kapolres Sintang AKBP Dwi Prasetyo Wibowo menuturkan kerja bakti yang diselenggarakan oleh pihaknya ini sebagai sebagai upaya membangun karakter generasi masyarakat yang peduli akan kebersihan lingkungan.

Baca juga: Polres Sintang Berikan Pengamanan Puncak Pekan Gawai Dayak Ke-X – Humas Polres Sintang (polrestasintang.com)

Pada sambutannya ia menegaskan semua pihak, seluruh elemen masyarakat memiliki tanggung jawab dalam menjaga kebersihan lingkungan.

“Buang sampah sembarangan lingkungan kotor contoh yang paling dekat lihat pinggir sungai sedangkan tidak sedikit masyarakat yang hidupnya bergantung pada sungai, perlu kita tanamkan pola pikir kalau bukan kita siapa lagi yang akan menjaga lingkungan,” ucap AKBP Dwi.

“Sadar atau tidak sadar kotornya lingkungan itu cerminan dari perilaku kita sendiri, ingat itu,” tegas Dwi.

Kapolres menjelaskan Sungai sendiri merupakan tempat hidup berbagai tumbuhan dan satwa serta tidak hanya itu warga Kabupaten Sintang juga memiliki kaitan yang cukup erat dengan Sungai Kapuas sehingga penting menjaga kebersihan dan kelestarian sungai agar fungsinya dapat dirasakan secara berkelanjutan.

Ia berharap kegiatan ini dapat membangkitkan kesadaran seluruh masyarakat tidak hanya yang berada di Kawasan waterfront Sintang.

Baca juga: Polres Sintang Gelar Ops Patuh Kapuas Selama 2 Pekan, Catat Sasaran Pelanggaran – Humas Polres Sintang (polrestasintang.com)

“Niat kita selain bersih-bersih lingkungan tentunya kita berupaya membangkitkan kesadaran warga setempat, ini loh lingkungan kalau bersih enak dilihat, tidak ada bau yang aneh-aneh maka dari itu mulai detik ini mari kita budayakan buang sampah pada tempatnya bukan sembarangan,” pesan Kapolres.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here