Polres Sintang Gelar Ops Patuh Kapuas Selama 2 Pekan, Catat Sasaran Pelanggaran

0
262
Wakapolres Sintang Kompol Firah memimpin apel gelar pasukan Operasi Patuh Kapuas 2023 di halaman Mapolres Sintang.

Sintang – Dalam menciptakan Kamseltibcarlantas di wilayah Kabupaten Sintang, Polres Sintang melaksanakan apel gelar pasukan operasi Patuh Kapuas 2023, Senin (10/7).

Dalam sambutannya saat memimpin apel gelar pasukan, Wakapolres Sintang Kompol Firah Meydar Hasan mengatakan operasi tersebut akan digelar selama kurang lebih 2 pekan terhitung dari 10-23 Juli mendatang.

Ia menyebut Operasi Patuh Kapuas sendiri merupakan langkah Kepolisian dalam mewujudkan “Road Safety Zero Accident”.

Lebih lanjut Kompol Firah menuturkan hampir rata-rata kecelakaan yang terjadi lebih didominasi oleh pelanggaran atau human error yang dilakukan pengendara ugal-ugalan dibanding faktor alam dan sebagainya.

Baca juga: Kabag Ops dan Kapolsek di Mutasi, Berikut Penggantinya – Humas Polres Sintang (polrestasintang.com)

“Tercatat dalam 6 bulan terakhir 573 kecelakaan yang terjadi di Provinsi Kalimantan Barat, dari jumlah tersebut 224 meninggal, 275 luka berat dan 429 luka ringan,” ungkap Wakapolres.

Mengingat angka kecelakaan yang relatif tinggi, Wakapolres Sintang berharap hal ini dapat menjadi perhatian seluruh masyarakat terutama dari kalangan remaja.

Kepolisian sendiri akan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif selama 14 hari kedepan.

“Selama pelaksanaan Operasi Patuh Kapuas 2023 ini terdapat beberapa sasaran prioritas baik itu kendaraan roda empat ataupun roda dua,” jelas Kompol Firah.

Pelanggaran-pelanggaran tersebut diantaranya seperti melawan arus, knalpot bising, balap liar, tidak menggunakan helm, menggunakan HP saat berkendara dan lain-lain.

Dengan pelaksanaan Operasi Patuh Kapuas diharapkan hal ini dapat membangun budaya tertib berlalu lintas. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here