Lebih Dari 1.500 Pengendara Terjaring Ops Zebra Kapuas 2 Pekan Terakhir

0
367

Sintang – Dari hasil Operasi Zebra Kapuas 2019 selama dua pekan ini, Satlantas Polres Sintang telah melakukan penindakan terhadap para pengendara kurang lebihnya berjumlah 1.591 E-Tilang dan 184 Teguran, Rabu (06/11/2019)

“Ini adalah hasil analisa pelaksanaan Operasi Zebra dari 23 Oktober-5 November 2019 kemarin,” pungkas Rizal selaku kasat Lantas Polres Sintang.

Baca juga: Modus Baru!! Dikira Pancing Ikan, Ternyata Narkoba

Dari total penindakan terhadap pelanggaran yang mendapatkan E-Tilang berjumlah 1.591 ini dapat di detail kan lagi untuk R2 berjumlah 1.458, R4 berjumlah 116 dan R6 berjumlah 17.

Polres Sintang dari 8 jenis pelanggaran ini lebih memfokuskan penindakan pada tiga pelanggaran lalu lintas yang berpotensi menimbulkan kecelakaan sehingga mengakibatkan korban serta pengendara yang melawan arus.

Seperti yang diketahui juga pada Ops Zebra Kapuas terdapat 8 jenis pelanggaran, dalam 2 pekan terakhir tersebut pelanggaran yang paling sering mendapatkan teguran yaitu pengendara R2 yang tidak menggunakan helm SNI dan Pengendara R4 yang tidak memasang Safety Belt saat berkendara.

Baca juga: Ganja Bisa Dibeli Online, Benarkah?

Fokus penindakan juga dilakukan ke pengemudi yang tidak memiliki kelengkapan Surat Izin Mengemudi (SIM) juga Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Prioritas ketiga, adalah kendaraan roda dua yang tidak memiliki kelengkapan seperti spion atau lampu sein.

Dari data yang telah diperoleh dari Satlantas Polres Sintang diketahui pelanggaran terbanyak adalah pengendara yang tidak membawa ataupun tidak mempunyai SIM dan STNK dengan total 1.454 pengendara selama 2 pekan terakhir.

“Kendaraan yang kita sita cukup sedikit, rata-rata kita menggunakan barang bukti adalah surat-surat, seperti STNK,” ujarnya.

Baca juga: Penyegaran Pejabat Polres Sintang, Wakapolres, Kasat Hingga Kapolsek Diganti

“pengendara roda dua lebih dominan dalam pelanggaran lalu lintas karena dari segi jumlah lebih banyak daripada roda empat dan jika dilakukan penyitaan terhadap setiap pelanggaran maka gak muat ini Polres buat nampungnya” tambah Kasat Lantas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here