Kejadian Karhutla Berpontesi Banjir dan Tanah Longsor

0
150

Nanga Ketungau – Ibarat Pepatah, Mencegah lebih baik dari pada mengobati. Ungkapan ini sering sekali dilontarkan oleh Bhabinkamtibmas Polsek Ketungau Hilir yaitu Brigpol Ismadi ketika menyampaikan Himbauan Pencehagan Karhutla di Desa Setungkup. Selasa (5/11/2019).

Wilayah Kecamatan Ketungau Hilir yang akhir-akhir ini diguyur Hujan mulai dari intensitas Rendah hingga Sedang, Tidak menghentikan aktifitas dari Brigpol Ismadi yang Rutin menyampaikan Sosialisasi terkait Himbauan Larangan Membakar Hutan dan Lahan.

Sudah sepatutnya menjadi Tugas Kita semua untuk selalu menjaga Kelestarian Alam dan lingkungan sekitar. Mulai dari tidak menebangi Pohon di Hutan atapun melakukan Pembakaran Hutan.

Hampir setiap tahun, banjir melanda Wilayah Kecamatan Ketungau Hilir. Oleh karena itu mari kita Belajar dari pengalaman yang ada, dan kita lebih bijak lagi untuk menata lingkungan hidup kita.

Hutan mempunyai banyak manfaat, baik langsung maupun tidak langsung. Salah satunya adalah mencegah terjadinya banjir karena dengan kerapatan pohon pada areal yang cukup luas, penyerapan air ke dalam tanah dapat lebih baik dan disimpan di selah-selah perakaran pohon.

Ketika musim panas datang walaupun hujan tidak turun, air yang tersimpan di dalam tanah masih dapat dipergunakan. Inilah manfaat hutan yang memberi jaminan pada saat musim panas sehingga tidak terjadi kekeringan.

“Mari kita Jaga Lingkungan Dari Kebakaran Hutan dan Lahan, karena Karhutla Merusak Hutan dan Lingkungan dan tentunya ketika Hutan sudah tandus, Banjir dan tanah Longsor Rentan terjadi ketika Musim Penghujan” Pungkas Brigpol Ismadi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here