Banjir Masih Bertahan di Kecamatan Kayan Hilir

0
825

Kayan Hilir – Bantaran Sungai Kayan dihantam banjir bandang, dari hulu hingga ke hilir. Senin (13/7/2020) di Kayan Hulu, menurut laporan jajaran Polsek Kayan Hulu, air sudah tampak surut hingga 2,5 meter. Jalan-jalan yang berada di pinggir sungai, air sudah di kedalaman 1 meter.

Dari pantauan Polsek Kayan Hulu terdapat sejumlah kerusakan yang terjadi akibat banjir kali ini. Dari 19 desa yang terdampak, terdapat 59 rumah warga yang mengalami kerusakan dan 2 fasilitas umum rusak parah, jembatan Gantung Lintang Tambok Roboh dan 1 unit Steher hanyut.

Sementara itu dari Kayan Hilir dilaporkan, air masih bertahan, belum menunjukkan tanda-tanda akan surut. Kapolsek Kayan Hilir Iptu Sudayat beserta anggota polsek melakukan penulusuran menggunakan speed boat untuk mengecek debet air di sekitar Desa Nanga mau, Desa Mabang dan di Desa Mekar Mandiri.

Pada hari ini, Kapolsek juga menyalurkan sumbangan sembako yang diantar langsung oleh Kapolres Sintang, AKBP John Ginting pada Minggu (12/7) sore. Di Nanga Mau, sejumlah fasilitas umum meliburkan pegawainya, salah satunya, Bank BRI Cabang Nanga Mau.

“Memang semua masyarakat di sekitar Wilayah kecamatan Kayan Hilir ini terkena dampak banjir, tetapi bantuan yang akan di berikan ini adalah kepada mereka yang kita anggap layak dan pantas untuk menerima bantuan tersebut, bantuan tersebut sangat terbatas, jadi kita utamakan dulu warga yang benar-benar tidak mampu, “ ujar Iptu Sudayat.

“Kami minta maaf karna belum mampu mebantu seluruh warga yang terdampak, jadi Kami harap masyarakat bisa Paham dan bisa memakluminya, dan harapan kita semua, semoga Banjir ini cepat berlalu,” tutupnya.

Salah satu ketua RT di Dusun Cipta Karya Desa Mekar Mandiri, Totot menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Polri yang sudah memberikan bantuan sembako bagi keluarganya disaat mereka kesusahan akibat banjir.

“Kami saja banyak-banyak terima kasih, untuk sidak bapak polisi tuk, kami memang lagi sulit karna banjir tuk, sulit untuk bekerja, jadi sulit juga mendapatkan bahan makanan,” ujar Totot sambil tersenyum. (hps)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here