Satgas Karhutla Intensifkan Patroli, Pasca Terjadinya Karhutla

0
92

Sintang – Pasca kejadian kebakaran lahan dan hutan yang ada beberapa titik diwilayah Kecamatan Sintang beberapa hari sebelumnya, Satgas Karhutla terus melakukan patroli di lokasi kejadian tersebut, Rabu (7/8/19).

Pemantauan ini dilakukan untuk mencegah hal serupa terjadi kembali. Secara bergilir personil satgas karhutla yang terdiri dari personil Polsek Sintang Kota, TNI, Manggala agni dan Damkar melakukan pemantauan di bekas kebakaran.

Seperti yang dilakukan pada hari rabu siang, tanggal 7 Agustus 2019, dimana satgas karhutla Kecamatan Sintang dipimpin oleh Kanit Binmas Polsek Sintang Kota Ipda Priyono, melakukan patroli di sekitar lokasi bekas kebakaran yang berada di tepi Jalan Lingkar Sungai Durian Kelurahan Rawa Mambok Kecamatan Sintang.

Kedatangan satgas karhutla saat itu dikejutkan dengan terlihatnya asap putih berbau menyengat dikarenakan lokasi kebakaran adalah sebagian besar lahan gambut sehingga susah untuk dipadamkan.

Akhirnya, karena khawatir kebakaran kembali terjadi, petugas dibantu dengan masyarakat setempat melakukan upaya pemadaman dengan menggunakan alat seadanya.

“Alhamdulilah api dilokasi kebakaran lahan dapat di padamkan. Namun kepada warga di minta waspada karena lahan gambut mudah sekali terbakar mengingat musim kemarau ini, ” ucap Ipda Priyono.

Selain itu, Ipda Priyono juga menganjurkan kepada warga untuk selalu memakai masker apabila melakukan aktipitas di luar rumah dan di minta untuk tidak melakukan pembakaran baik sampah ataupun dahan kering.

Di tempat berbeda, Kapolsek Sintang Kota Iptu Harjanto, SH. MH mengatakan, kegiatan yang dilakukan oleh satgas karhutla adalah salah bentuk kewaspadaan sekaligus untuk mencegah terjadinya kembali kebakaran lahan dan hutan di wilayah itu serta menjaga kualitas kualitas udara karena mengingat musim kemarau masih berlangsung di Kecamatan Sintang.

Penulis: Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here