Menghadapi Kabut Asap, Urkes Polres Sintang Bersama Dinkes Siapkan Mobil Oksigen Di Beberapa Titik

0
161

News.polrestasintang.com – Sintang, Kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) mengancam kesehatan penduduk di Provinsi Kalimantan tepatnya berada di Kalimantan Barat termasuk penduduk Kab. Sintang. Untuk meminimalisir risiko penyakit yang muncul akibat kabut asap, Dinas Kesehatan berkerjasama dengan Urkes Polres Sintang menyediakan mobil oksigen di beberapa titik lokasi, Sintang (21/09/2019)

Gunanya dari mobil oksigen, memberikan bantuan oksigen kepada warga yang sensitif, termasuk anak-anak dan lansia yang terpapar kabut asap.

Dengan beroperasinya mobil dan ruang oksigen, Dinkes dan Polres Sintang berharap masyarakat terdampak karhutla dapat memanfaatkannya dengan baik, apabila mengalami gangguan pernapasan untuk segera pergi ke fasilitas terdekat yang ada dibeberapa titik lokasi.

Selain penyediaan ruang oksigen, Dinkes dan Urkes Polres Sintang juga bekerjasama untuk membagikan masker kepada masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang menjelaskan bahwa penyediaan mobil oksigen dari pihaknya dan Urkes Polres Sintang merupakan satu diantara inovasi yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan bersama Polres Sintang dalam membantu Pemerintah Daerah menyikapi permasalahan kabut asap yang melanda Kabupaten Sintang.

“Masyarakat yang sedang dalam kegiatan luar ruangan yang mengalami sesak napas karena asap silahkan datang ke mobil itu nanti dibantu dengan oksigen. Diberikan oksigen kalau sudah enak boleh pulang. Kalau sudah diberikan oksigen masih juga gak membaik maka akan di bawa ke rumah sakit atau puskesmas terdekat,” terang Brigadir Reynold

Reynold juga mengatakan kondisi masyarakat saat ini kesulitan mendapat udara segar, baik di titik area kebakaran maupun di kota. Masyarakat banyak mengalami sesak napas akibat terpapar asap kebakaran yang tidak henti-hentinya mengudara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here