Urkes Polres Sintang Bersama Dinas Kesehatan Bagikan Ribuan Masker Kepada Pengguna Jalan Raya

0
68

News.polrestasintang.com – Sintang, Urkes Polres Sintang bersama dengan Dinas Kesehatan Kab. Sintang bekerja sama membuat pelayanan keliling dalam menyikapi kondisi sintang yang berapa minggu terakhir terus dilanda kabut asap yang semakin hari semakin pekat. Jum’at, (20/9/2019)

Anggota Urkes Polres Sintang dan Dinas Kesehatan Kab. Sintang yang tergabung dalam pelayanan keliling ini membagikan ribuan masker kepada para pejalan kaki maupun pengguna jalan raya seperti pengendara R2 dan R4.

Seperti yang dilansir beberapa hari yang lalu, tingkat pencemaran udara di Kab. Sintang saat ini sudah memasuki kategori Berbahaya, dimana hal tersebut membuat instansi seperti Dinas Kesehatan dan Polres Sintang merasa prihatin dan lahirlah ide seperti membuat pelayanan keliling kepada masyarakat untuk menyikapi kabut asap.

Dalam pelayanan keliling ini, Dinas Kesehatan dan Polres Sintang disamping membagikan masker kepada para pengguna jalan raya mereka juga menyiapkan ambulan darurat yang sudah diisi dengan beberapa alat bantu pernapasan.

Brigadir Reynold dari Urkes Polres Sintang menuturkan bahwa pihaknya dan Dinas Kesehatan Telah menyiapkan langkah penanganan sesak akibat kabut asap yaitu mobil oksigen, disebutkan juga oleh Pihak Dinas Kesehatan bahwa oksigen tersebut memang disiapkan untuk masyarakat bilamana sewaktu-waktu ada yang mengalami sesak napas.

“Untuk mengantisipasi efek dari kabut asap, kita berinisiatif melakukan kegiatan peduli kesehatan dengan membagikan masker ke masyarakat serta menyiapkan mobil oksigen keliling dan ini tidak dippungut biaya apapun,” ucap Reynold.

Pihak dinas Kesehatan juga mengungkapkan “Untuk masyarakat sintang sendiri, jumlah penderita ISPA dari minggu pertama tahun 2019 sampai dengan sekarang ini sudah mencapai kurang lebih 20 ribu orang, angka nya melejit ketika kabut asap melanda Kab.Sintang berapa minggu terakhir. Maka dari itu kami bekerjasama dengan Polres Sintang untuk menekan angka penderita ISPA lewat pembagian masker dan pelayanan mobil oksigen keliling” jelasnya

Kapolres Sintang AKBP Adhe Hariadi, S.I.K., MH mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Urkes Polres Sintang dan Dinas Kesehatan dalam menekan angka penderita ISPA dikabupaten Sintang yang disebabkan oleh Kabut Asap. Pihaknya juga akan berusaha semaksimal mungkin untuk menekan banyaknya titik hotspot yang ada dikabupaten Sintang.

“Dengan adanya pelayanan ini, masyarakat dan polri bisa selalu bersinergi terutama dalam menjaga kamtibmas dan penanganan karhutla,” tutup Kapolres

Kapolres mengimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan kegiatan pembakaran lahan atau hutan untuk kepentingan apapun. Ia pun mengatakan seperti beberapa hari sebelumnya bahwa pihaknya tidak akan melakukan tebang pilih dan akan melakukan penindakan keras terhadap tersangka karhutla baik itu dari masyarakat maupun perusahaan-perusahaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here