Wakapolres Sintang Berharap Sinergitas Sukseskan Program Desa Mandiri

0
362

Sintang – Selasa, 10/12/19 di Hotel My Home Sintang diselenggarakan kegiatan Bin Awak Pos Kamling yang digalangkan dalam rangka “Optimalisasi Peran Siskamling dan Masyarakat Guna Mendukung Program Desa Mandiri” yang dilaksanakan oleh Tim Dit Binmas Polda Kalbar.

Kegiatan ini sendiri turut dihadiri para Forkopimda Kabupaten Sintang seperti Bupati Sintang yang diwakili, Waka Polres Sintang Kompol Alber Manurung, SIK, Kasi Latpuan Dit binmas Polda Kalbar AKP Haryono, Kasat Binmas Polres Sintang Iptu Joni Murdiyanta dan dari Ditbinmas Polda Kalbar serta masing-masing perwakilan dari Badan Kesbangpol Linmas, Para Kepala Desa, Awak Poskamling dan Perwakilan Bhabinkamtibmas Desa Mandiri jajaran Polres Sintang.

Kegiatan ini sendiri terselenggara dengan agenda Kepolisian untuk ikut mensukseskan salah satu Program Pemerintah terkait Desa Mandiri ini sendiri khususnya yang berlokasi di kabupaten Sintang.

Dalam Sambutannya Wakapolres Sintang Kompol Alber Manurung mengatakan bahwa kegiatan yang di lakukan bersama masyarakat yang merupakan awak poskamling ini merupakan salah satu program poskamling untuk menjalin sinergitas dengan para stakeholder terkait khususnya dalam bidang keamanan yang mana kegiatan ini juga sangat linier dengan program desa yang ada.

“Diharapkan kedepannya, peserta yang telah mengikuti kegiatan ini mengerti pengelolaan siskamling yang baik serta dapat bekerja sama dengan seluruh stake holder untuk menjaga kemanan lingkungan,” ujar Alber

“Dalam pembinaan desa mandiri itu, Polda Kalbar dan jajaran mendapat kepercayaan dari Pak Gubernur untuk menangai dimensi sosial, khususnya masalah keamanan,” tambahnya

Dalam kegiatan pembinaan awak poskamling tersebut sejumlah materi kelas diberikan diantaranya materi SOP siskamling, materi tentang problem solving/ materi TKP serta materi terkait dengan bela diri polri.

Pembinaan yang berikan oleh Tim Ditbinmas Polda Kalbar kepada awak pos kamling juga ditujukan dalam rangka pembinaan desa mandiri di Kalimantan Barat. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas awak pos kamling dalam dalam menjaga kamtibmas di desa masing-masing.

“Semoga pembinaan dan pelatihan ini tidak hanya berhenti sampai disini. Karena manfaatnya sangat baik bagi penguatan masyarakat itu sendiri, Harapan kita, dengan kegiatan ini kita bersama masyarakat dan Babinsa serta Bhabinkamtibmas bisa melakukan pembinaan keamanan dan ketertiban sehingga aktivitas masyarakat bisa berjalan dengan baik,” tutup Alber

Penulis: Faisal
Editor: Yob

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here