Sinergitas Tiga Pilar Jalani Pelatihan Karhutla Lintas Kecamatan

0
389

Kayan Hilir – Kamis (13/8/2020), bertempat di PT BTN di Desa Karya Sakti Kecamatan Kayan Hilir Kabupaten Sintang diselenggarakan kegiatan pelatihan penanggulangan karhutla. Kegiatan ini mencakup dua kecamatan terdekat, Kecamatan Kayan Hilir dan Kecamatan Kayan Hulu.

Pada pelaksanaan, kegiatan melibatkan unsur pemerintah, unsur Polri, unsur TNI (3 pilar), dan pihak swasta (perusahaan).

Kepedulian banyak pihak untuk mengantisipasi kejadian kebakaran hutan dan lahan, sebagai efek dari penurunan intensitas hujan di wilayah Kabupaten Sintang selama 2 minggu terakhir.

Dari jajaran Polres Sintang, hadir dalam acara tersebut, Kapolsek Kayan Hilir, Iptu Sudayat dan Kapolsek Kayan Hulu, Iptu Sutrisno beserta jajarannya.

Dalam kesempatam tersebut Kapolsek Kayan Hilir, Iptu Sudayat, menjelaskan, “Kami sampaikan himbauan pada pihak kepala desa agar warga yg akan membakar di dekat wilayah perkebunan, agar warga nya memberitahukan kepada pihak pemerintah desa terlebih dahulu dan berkerja sama dengan pihak perkebunan sawit.”

Pada kesempatan tersebut hadir, Kasatpol PP Kabupaten Sintang, Martinandung. Ia menyebutkan, pelatihan pemadam kebakaran ini, untuk menambahkan pengetahuan para petugas yang sedang bersiap siaga menghadapi masa membakar ladang di wilayahnya masing-masing, khususnya di 2 kecamatan yang hadir, juga pihak perusahaan diharapkan untuk dapat mempersiapkan diri.

“Kebakaran bisa saja terjadi di mana saja, jadi kita harus memiliki kewaspadaan dan pengetahuan terhadap penanggulangan kebakaran untuk mengantisipasi bahaya kebakaran. Pemerintah sudah mengeluarkan perangkat aturan untuk mengatur dan mengakui keberadaan kearifan lokal, seperti Perbup no.31 Tahun 2020, tentang tata cara masyarakat membuka lahan dengan cara membakar. Selanjutnya perlu di lakukan kerja sama antara pihak warga dengan pihak perusahaan agar kita bisa meminimalisir mengurangi potensi titik api baik di daerah warga dan di daerah milik perkebunan,” terang Martin. (hps)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here