Polres Sintang Lakukan Penandatanganan MOU Aplikasi ASAP Digital Nasional

0
174
Polres Sintang menggekar rapat koordinasi serta melakukan penandatanganan MOU terkait Aplikasi Sistem Analisa Pengendalian Karhutla Secara Digital (ASAP Digital) dalam mencegah kebakaran hutan dan lahan. Rapat tersebut juga dihadiri oleh perusahaan-perusahaan sawit di Kabupaten Sintang serta perwakilan BUMN dan instansi seperti PT. Telkom Indonesia. Foto: Septian.

Sintang – Sebagai upaya antisipasi sekaligus penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan, Polres Sintang menggelar rapat sekaligus penandatangan kerjasama terkait Aplikasi Asap Digital Nasional di Aula Mapolres Sintang, Rabu 5/1.

Dalam rapat yang dipimpin oleh Wakapolres Sintang Kompol Wiwin Syamsul Arifin tersebut turut hadir juga masing-masing perwakilan BUMN dan instansi seperti PT. Telkom Indonesia, Pemda Kabupaten Sintang, Hutan Tanaman Industri dan Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit di Kabupaten Sintang.

Aplikasi Sistem Analisa Pengendalian Karhutla Secara Digital (ASAP DIGITAL) ini memuat sumber informasi titik api yang dapat beroperasi real time sehingga dapat mempercepat upaya Kepolisian dan instnasi terkait dalam penaggulangan Karhutla.

Baca juga: Kapolres Sintang Naikkan Pangkat 76 Personel Setingkat Lebih Tinggi

Dalam rapat tersebut Wakapolres Sintang Kompol Wiwin memaparkan bahwa berdasarkan data yang ada, kasus Karhutla terus mengalami penurunan setiap tahunnya.

“Data yang kita terima untuk kasus karhutla terus terjadi penurunan setiap tahunnya tapi hal itu tetap harus kita waspadai yang mana dilakukan upaya pencegahan dengan terus dilakukan peningkatan cara-cara pencegahan yang lebih efektif dan efisien salah satunya lewat Aplikasi ASAP Digital Nasional,” jelas Wiwin.

Kegiatan diakhiri dengan penandatanganan kerjasama terkait Aplikasi ASAP Digital Nasional yang nantinya akan difungsikan di Kabupaten Sintang sebagai langkah antisipasi Karhutla. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here