Polres Gelar Operasi Bina Kapuas 2023 Memasuki Musim Kemarau

0
148
Polres Gelar Operasi Bina Kapuas 2023 Memasuki Musim Kemarau yang dipimpin Kabagops Polres Sintang Kompol Eko Budi di halaman Mapolres Sintang

Sintang – Memasuki musim kemarau, sebagai upaya antisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) Polres Sintang menggelar Operasi Bina Karuna Kapuas 2023, Kamis (2/3).

Kabag Ops Polres Sintang Kompol Eko Budi Darmawan dalam amanatnya saat memimpin apel gelar pasukan menjelaskan penanganan Karhutla sendiri menjadi prioritas dan perhatian serius mengingat bencana kabut asap seperti tahun-tahun sebelumnya sangat berdampak terhadap masyarakat.

Ia menuturkan berdasarkan laporan BMKG sendiri cuaca di Kalimantan Barat saat ini termasuk dalam kategori ekstrem dan sulit ditebak tetapi adanya Operasi Bina Karuna Kapuas ini juga penting dilaksanakan dalam menyikapi perkembangan situasi.

Baca juga: Polres Sintang Gelar Sidak Tempat Hiburan, Tanggapi Adanya Aduan Masyarakat

“Sekalipun cuaca ekstrem, operasi Bina Karuna Kapuas ini tetap merupakan hal yang penting kita gelar, sehingga kita tidak underestimate dengan perubahan cuaca yang dapat terjadi kapan saja,” tutur Kompol Budi.

Dikatakan juga operasi tersebut akan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif dengan didukung upaya deteksi wilayah yang rawan Karhutla.

“Operasi Bina Karuna Kapuas ini sebagai upaya pencegahan namun jika ditemukan adanya pelanggaran ataupun tindak pidana Karhutla maka penegakan hukum juga akan kita lakukan,” ungkapnya.

Dengan melibatkan stakeholder terkait, diharapkan Operasi Bina Karuna Kapuas tersebut dapat memiliki dampak terhadap masyarakat dimana pentingnya sinergitas seluruh pihak mulai dari Kades, Babinsa dan Bhabinkamtibmas dalam mendukung upaya pencegahan.

“Kepada yang terlibat laksanakan sosialisasi, himbauan dan sebagainya secara masif, galang tokoh-tokoh di setiap wilayah dam pahami Pergub dan Perbup terkait pembukaan lahan,” tutupnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here