Medical Check Up, Pastikan Anggota Polres Sintang Sehat

0
602

Sintang – Polres Sintang disambangi oleh Biddokes Polda Kalbar untuk melaksanakan Medical Check Up (pemeriksaan kesehatan) berkala bagi anggota Polres Sintang dan Polsek jajaran di Ruang Aula Mapolres Sintang. Selasa pagi (17/3/2020)

Medical Check Up ini merupakan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh untuk mengetahui status kesehatan Anggota.

Kegiatan Rikesla yang dilakukan oleh Biddokes Polda Kalbar di Polres Sintang ini dilakukan untuk mengecek kesehatan seluruh Anggota polri maupun PNS Polri terkhususnya  seperti yang telah dilaksanakan di Mapolres Sintang ini.

Menurut Kapolres Sintang AKBP John H Gintang, melalui Kabag Sumda Polres Sintang Kompol Anhar Zubaedi, yang mendampingi tim rikkesla dari Biddokes Polda Kalbar ini mengatakan pemeriksaan kesehatan berkala di Polres Sintang adalah dalam rangka memelihara dan meningkatkan kesehatan personel Polri untuk mendukung pelaksanaan tugas Kepolisian.

“Jadi tujuannya adalah untuk deteksi dini terhadap berbagai jenis penyakit atau kelainan kesehatan, sehingga dapat sesegera mungkin diambil tindakan medis,” ujarnya.

Selain itu juga untuk memantau kondisi kesehatan anggota Polri guna pemeliharaan, perlindungan dan pembinaan dalam mencegah serta mengurangi penyakit degeneratif yang berhubungan dengan pelaksanaan tugas.

”Dalam pengecekan kesehatan berkalakan akan ini dilakuakan dengan 3 Intensif, intensif 1 untuk yang berumur 40 tahun keatas, intensif ke II untuk yang berumur 30-40 tahun dan intensif ke III 20-30 tahun,” tutupnya.

Medical Check Up ini, pemeriksaan kesehatan berkala ini dimulai tahapan pendaftaran bagi anggota, kemudian pemberian formulir, pengambilan sample darah dan urine, pengecekan fisik seperti tinggi badan dan berat badan, observasi tanda-tanda vital seperti cek tekanan darah dan nadi, pengecekan EKG, observasi treadmill, pengecekan ontodogram dan terakhir pengisian pertanyaan dalam therapy kesehatan jiwa.

“Apabila nantinya dalam hasil pemeriksaan diketahui ada anggota Polri yang menderita penyakit tertentu, akan diberikan penjelasan dan diserahkan kepada pihak BPJS selaku pihak penjamin untuk selanjutnya dilaksanakan upaya perawatan dan penyembuhan,” pungkasnya.

“kegiatan rikesla ini sangat baik dan bermanfaat apalagi ini sudah dianggarkan dari Biddokes polda Kalbar, jadi kita laksanakan saja, kalau kita melakukan pengecekan medical check up sendiri harganya sangat mahal, jadi bersyukur kita ada kegiatan begini” Pungkas Kabagsumda Polres Sintang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here