Cegah Banjir, Polisi dan Warga Gotongroyong Bersihkan Tumpukan Sampah

0
276

Serawai – Untuk mengantisipasi banjir kembali terjadi akibat hujan yang turun deras, Masyarakat bersama dengan pihak kepolisian dari Bhabinkamtibmas Polres Sintang Polsek Serawai melakukan normalisasi sungai di Desa Tanjung Raya Kecamatan Serawai Kabupaten Sintang, Selasa (26/11/2019).

Banjir yang biasanya terjadi disebabkan oleh banyaknya tumpukan sampah dan kayu yang kurang dibersihkan dan tertutupnya aliran sungai Serawai oleh berbagai tumpukan sampah menyebabkan meluapnya air ke sejumlah permukiman warga terdampak seperti desa Tanjung Raya, Nanga Serawai, dan desa Muara Kota.

Dalam kesempatan ini, Kapolres Sintang AKBP Adhe Hariadi, S.I.K , M.H melalui Bhabinkamtibmas Bripda Riski Saputra mengatakan bahwa normalisasi sungai ini dilakukan oleh masyarakat dan pihak kepolisian untuk memperlancar aliran sungai, sekaligus mencegah terjadi banjir.

“Upaya yang dilakukan dengan giat gotong royong, pembersihan tumpukan sampah dan kayu yang menghambat aliran air sungai Serawai dilakukan oleh masyarakat desa Tanjung baru, Nanga Serawai, dan desa Muara kota serta desa tetangga yang terdampak,” ujarnya.

Dengan menggunakan peralatan yang seadanya serta bantuan warga ikut langsung, tumpukan sampah dan kayu yang menghambat aliran air di sungai Serawai dapat diangkut serta dibersihkan sehingga tidak lagi menghambat sekitar gorong-gorong yang menjadi aliran air sungai tersebut.

“Inilah yang dibutuhkan dengan segera, sehingga keberadaan tumpukan sampah dan kayu yang menghambat aliran air sungai Serawai dapat kembali normal dan tidak meluap ke permukiman warga,” jelasnya.

Penulis: Riski Saputra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here