Berbaur Dengan Masyarakat, Bhabinkamtibmas Polsek Dedai Ikuti Terempoh

0
163

Dedai – Dalam rangka lebih mendekatkan diri dengan masyarakat,Bhabinkamtibmas Polsek Dedai,Aipda Hendri ikuti kegiatan Tradisi Terempoh Masyaraka di Desa Binaanya, Desa Dedai Kanan Kec. Dedai
Senin (24/4/2023)

Tradisi Terempoh itu sendiri salah satu sisi dari kebiasaan unik yang masyarakat Melayu Kec. Dedai miliki. Terempoh pada masyarakat Melayu Kec. Dedai sebagai media silaturahmi bersama keluarga, teman dekat, kerabat, tetangga atau siapa saja yang ada merupakan bukti kepedulian dan rasa kasih sayang sesama umat.

Terempoh yang dipercaya oleh masyarakat sebagai suatu kekuatan dalam ikatan persaudaraan. Tradisi terempoh ini merupakan berkumpulnya orang-orang pada suatu tempat untuk melakukan suatu kegiatan untuk tujuan tertentu. Kegiatan yang dilakukan oleh kumpulan orang-orang tersebut adalah berkunjung dari rumah ke rumah didalam satu komunitas RT maupun kampung. Terkadang kegiatan tersebut juga oleh masyarakat Melayu Kec. Dedai biasa juga disebut dengan “Netai”.

Tradisi Terempoh pada masyarakat Melayu Kec. Dedai adalah istilah yang digunakan untuk menyebut ritual adat/ tradisi kegiatan lebaran ataupun pesta menyambut hari kemenangan. Tradisi ini sebagai wujud ungkapan syukur atas kebesaran Tuhan Yang Maha Esa.

Pelaksanaan prosesi terempoh dilakukan dua kali dalam satu tahun yakni sesudah melaksanakan puasa Ramadhan atau menyambut 1 Syawal dan pada Hari Raya Idul Adha. Namun, pada Idul Adha terempoh hanya dilaksanakan pada malam hari raya itu saja, yaitu dengan melaksanakan terempoh dari rumah ke rumah yang disebut dengan takbiran keliling.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here