Apel Pengecekan Kesiapan Sarpras Dalam Rangka Antisipasi Bencana di Kabupaten Sintang

0
153
Kapolres Sintang AKBP Ventie memimpin apel pengecekan kesiapan sarpras dalam rangka antisipasi bencana alam di wilayah Kabupaten Sintang yang berlangsung di halaman Kodim 1205/Sintang. Foto: Septian

Sintang – Polres Sintang bersama unsur terkait melaksanakan Apel Pengecekan Kesiapan Sarpras Dalam Rangka Antisipasi Bencana Tahun 2022 Diwilayah Kabupaten Sintang, Senin (17/1/2022).

Apel tersebut tak lain bertujuan untuk mensinergikan seluruh elemen Masyarakat, Pemerintah dan TNI-Polri dalam menghadapi kemungkinan serta mitigasi bencana.

Beberapa bulan lalu tepatnya akhir bulan November 2021, seperti yang diketahui bersama Kabupaten Sintang dilanda bencana alam banjir yang cukup besar dan membuat kurang lebih 35.000 KK dan 7000 KK harus mengungsi dikarenakan terdampak musibah tersebut.

Banjir yang terjadi di Kabupaten Sintang tersebut menyebabkan kerugian material yang cukup tinggi serta menyita perhatian publik hingga mengharuskan banyak dari Menteri serta Presiden RI turun langsung untuk melihat kondisi Kabupaten Sintang.

Kapolres Sintang AKBP Ventie Bernard Musak selaku Inspektur Upacara menyampaikan beberapa amanat yang mana salah satunya ditujukan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sintang diikuti oleh Instansi terkait lainnya serta TNI-Polri.

Dalam amanat tersebut Kapolres Sintang menyebutkan kepada seluruh instansi yang ada agar melakukan mitigasi bencana dengan cara melakukan sosialisasi dan pemberdayaan kepada masyarakat.

“Penanganan bencana ini bukan hanya merupakan tanggung jawab Pemerintah Daerah melainkan ada di semua pihak baik itu TNI-Polri, Dunia Usaha serta seluruh masyarakat Kabupaten Sintang,” ucap Kapolres.

Pada bancana banjir tersebut sekitar satu bulan lamanya bahkan lebih, aktifitas ekonomi masyarakat terganggu sehingga menyebabkan kurangnya pasokan makanan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Belajar dari kejadian yang lalu maka kesiap siagaan adalah kunci dalam penanggangan bencana ini sehingga kesiapan sarana dan prasarana yang kita miliki serta memberdayakan potensi berbagai komponen masyarakat harus dilakukan sedini mungkin,” tutup Kapolres. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here