Tim Satgas Laksanakan Patroli Terpadu Cegah Karhutla

0
185

Sungai Tebelian – Tni Polri dan manggala Agni melaksanakan kegiatan Patroli Terpadu (Patdu) di desa Sarai kecamatan Sungai Terpada. Kamis ( 8 / 8 /  2019 ).

Patroli ini dilaksanakan Tni Polri Manggala agni dan Masyarakat Peduli Api (MPA) yang langsung hadir di tingkat tapak dan di daerah rawan Kejadian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Dalam pelaksanaan harian patroli terpadu meliputi kegiatan antara lain melakukan koordinasi dengan aparat desa, mendatangi lokasi areal rawan terjadinya karhutla, melakukan sosialisai pendekatan diri dan penyadartahuan kepada msayarakat, serta membagikan brosur, leaflet.

Penandaan di areal lahan rawan karhutla, juga pengumpulan data dan informasi di areal rawan karhutla. Kemudian memetakan kondisi desa baik fisik maupun permasalahan di kebakaran hutan dan lahan.

Melakukan pemadam awal apa bila ditemukan kejadian karhutla, serta menggali potensi desa yang bisa diberdayakan dan di kembangkan sebagai modal sosial dan pemberdayaan.

Dalam beberapa hari terakhir cuaca panas dan suhu udara mulai tinggi, di susul dengan curah hujan yang mulai menurun dan mulai terdeteksinya HotSpot (Titik Panas) dan kejadian karhutla di sebagian wilayah Sungai Tebelian.

“Kita berharap dengan Patroli terpadu dapat meminimalisir dan menekan seminimal mungkin kejadian karhutla dan mensinergikan upaya para pihak dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan hingga di tingkat tapak,” kata Personil Polsek Sungai Tebelian Brigadir Amin.”

Penulis : Binsa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here