Rakor Antisipasi Bencana Alam, Wakapolres Sintang Ingatkan Semua Pihak Untuk Waspada

0
26
Polres Sintang menggelar rapat koordinasi dengan Forkopimda Kabupaten Sintang yang dipimpin Wakapolres Sintang Kompol Wiwin di Aula Polres Sintang

Sintang – Polres Sintang menggelar rapat koordinasi bersama stakeholder terkait dalam rangka antisipasi bencana alam di Kabupaten Sintang, Rabu (31/8).

Dalam rapat yang dipimpin oleh Wakapolres Sintang Kompol Wiwin Syamsul Arifin turut hadir juga Danramil Sintang, staf ahli Bupati, Kepala BPBD, Danki Brimob dan para kepala OPD terkait.

Seperti yang diketahui dalam beberapa pekan terakhir Kabupaten Sintang sendiri dihadapkan dengan cuaca ekstrim yang melanda hampir semua Kecamatan dan menjadi kekhwatiran seluruh pihak.

Salah satu yang dihadapi yakni tingginya frekuensi curah hujan sehingga menyebabkan beberapa wilayah sudah terkena dampak seperti banjir yang menggenang rumah warga akibat kenaikan debit air sungai yang cukup signifikan.

Baca juga: Patroli Perairan, Para Polwan Selingi Dengan Berbagi Bingkisan Sembako

Pada sambutannya Wakapolres Sintang menuturkan bahwa dalam upaya penanggulangan bencana alam banjir ini pihaknya sudah berkoordinasi dengan seluruh Polsek Jajaran agar melakukan pemetaan terhadap daerah-daerah rawan serta secara intensif melakukan monitoring debit air dan himbauan kepada masyarakat.

“Dalam rapat ini tentunya bersama kita mencari solusi yang tepat dalam upaya penanggulangan, melihat kejadian yang terjadi di Binjai seperti angin puting beliung dan dari pengamanan banjir besar tahun lalu setidaknya kita sudah dapat gambaran apa saja yang perlu dipersiapkan dan diperhatikan,” ucap Wiwin.

Sejalan dengan hal tersebut diperlukan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dari semua pihak selaku pengemban fungsi tanggap bencana untuk dapat mengantisipasi setiap kejadian bencana yang timbul guna mencegah dan meminimalisir timbulnya korban serta mempersiapkan penanganan tingkat lanjut

“Sebelumnya terlebih dahulu perlu kita perlu asumsikan adanya kemungkinan terburuk tentunya kita tidak ingin hal tersebut terjadi tapi disisi lain jika yang kita khawatirkan ini benar terjadi maka setidaknya kita sudah memiliki langkah yang tepat dan bisa meminimalisir baik itu korban jiwa maupun harta benda,” tambahnya.

Sebelum menutup kegiatan rapat kembali Wakapolres Sintang mengingatkan seluruh pihak khususnya jajaran Polres Sintang agar melakukan pengecekan sarana prasarana yang dimiliki agar siap kapan saja jika terdapat situasi darurat yang membutuhkan langkah tanggap. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here