23.8 C
Sintang
Jumat, 18 Oktober 2024

Polres Sintang Lakukan Patroli dan Pengawasan Titik Hotspot Rawan Karhutla

Pencegahan kebakaran hutan dan lahan

Baca juga

Sintang – Polres Sintang menggiatkan upaya patroli dan pengawasan kawasan rawan potensi Karhutla di wilayah Kabupaten Sintang, Selasa (24/9) Sore.

Patroli ini merupakan salah satu langkah sigap Kepolisian dengan menggandeng sejumlah unsur terkait guna mengurangi risiko terjadinya kebakaran hutan dan lahan yang sering terjadi di musim kemarau.

Dalam prosesnya personel Polres Sintang menyambangi sejumlah titik rawan yang kerap menjadi lokasi pembakaran lahan oleh masyarakat serta pengawasan pada wilayah yang terdeteksi hotspot.

Sesekali personel juga kerap menyampaikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang bahaya serta dampak negatif dari Karhutla, baik terhadap kesehatan maupun lingkungan.

Baca juga: Polantas dan Yayasan Hira Sintang Menggelar Syukuran Hari Lalu Lintas ke-69

Menurut Kapolres Sintang AKBP I Nyoman Budi Artawan, hal ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk memahami bahaya karhutla serta pentingnya menjaga lingkungan.

“Untuk kahrhutla kita lebih mengedepankan upaya upaya preventif melalui patroli dan sosialisasi, diharapkan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat,” kata Nyoman.

Selain itu, Kapolres juga menghimbau agar masyarakat menghindari tindakan pembakaran hutan untuk pembukaan lahan, mengingat dampak negatif yang dapat ditimbulkan serta tak luput merupakan tindakan melanggar hukum.

Adapun Kapolres Sintang mengatakan Patroli dan sosialisasi ini akan terus digalakkan oleh pihaknya terlebih pada musim kemarau yang memiliki potensi besar dalam meningkatnya titik hotspot di Kabupaten Sintang. (*)

EditorYobby R.
spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
Berita Terbaru

Ciptakan Rasa Aman Polsek Kayan Hilir Beri Pengamanan Sholat Jumat

Kayan Hilir - Polsek Kayan Hilir menurunkan personilnya untuk melaksanakan pengaturan dan pengamanan kegiatan ibadah sholat jum'at di seputaran...
spot_img

Berita Serupa

spot_img