Polres Sintang Aktif Cipta Kondisi Kondusifkan Kamtibmas

0
720

Dedai – Kondisi keamanan dan ketertiban yang kondusif di tengah masyarakat tidak hanya slogan HUT Bhayangkara-74 bagi jajaran Polres Sintang. Hal ini sungguh-sungguh diupayakan oleh setiap personilnya dengan berbagai cara dan tak kenal waktu.

Jumat (03/7/20), Bripka Hendri salah seorang Babinkamtibmas dari Polsek Dedai memberikan penyuluhan keamanan dan ketertiban pada sholat jumat berjamaah di mesjid Nurul Iman di Desa Gandis Hilir Kecamatan Dedai Kabupaten Sintang.

Dengan sigap Bripka Hendri berdiri di mimbar masjid memberikan kutbah. Melalui khutbah Jumat itu, ia memberikan penyuluhan tentang berbagai pesan seputar menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat Gandis Hilir. Materi yang diberikannya mulai dari waspada penyebaran covid 19 hingga waspada hoax.

“Sekarang menghadapi fase tatanan kehidupan baru, jadi kita harus tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19. Keluar rumah pakailah masker, sering-sering cuci tangan, dan bila berkumpul mohon untuk jaga jarak satu sama lain,” kata Bripka Hendri. “Selain itu, jangan mudah terpengaruh atau terprovokasi dengan pemberitaan baik itu di media cetak maupun di media sosial, jangan ikut-ikutan menshare berita-berita yang tidak jelas, yang tujuannya untuk memecah belah. Hal itu bisa membuat kita dijerat dengan UU ITE seperti pepatah mengatakan “jari mu harimaumu,” tambahnya.

Tak hanya siang hari, malam hari yang dingin pun tak menghalangi langkah personil Polres Sintang untuk menyambangi masyarakat binaannya. Jumat (03/7/20) malam, Bripda Abdul Rasyid, salah seorang personil piket jaga di Polsek Ketungau Hilir berpatroli ke Desa Nanga Ketungau Kecamatan Ketungau Hilir Kabupaten Sintang.

“Kadang kalau memang malam kita baru bisa ketemunya dengan masyarakat ya kita jalani, karna siang hari mereka biasanya ada di ladang atau kebun. Malam begini kita bisa duduk santai sama masyarakat sambil mereka melepas penat,” ungkap Bripka Rasyid. “Kegiatan sambang dialogis yang kita lakukan ini untuk memberikan rasa aman dan nyaman terhadap warga masyarakat. Disamping itu juga dengan keberadaan Polisi yang patrol diharapkan bisa mengurangi dan meminimalisir adanya pelaku tindak kriminalitas,” tutupnya. (HPS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here