Lewat Upacara Bendera, Kapolres Sisipkan Pesan

0
105

Sintang – Melaksanakan kegiatan Pro Active Policing serta bertemu langsung dengan pelajar agar dapat menyampaikan pesan secara langsung, Kapores Sintang AKBP Adhe Hariadi, SIK. MH. Menjadi inspektur upacara di SMKN 1 Sintang, Senin (7/10/19).

Didalam amanatnya Kapolres Sintang berpesan supaya Upacara Bendera pada setiap hari senin hendaknya jangan hanya sebagai seremonial belaka, dan hanya sebagai rutinitas yang kurang bermakna, tapi marilah setiap kegiatan upacara kita gunakan sebagai ajang untuk pengendalian diri kita. Dalam bahasa ilmiahnya, kita ini selalu berada dalam ruang dan waktu, berada dalam lingkungan. kita ini bagian dari masyarakat pendidikan, berarti ada lingkungan sekolah. coba, mulai dari masuk pintu gerbang sekolah, hendaklah anak-anak sekalian sudah mulai bisa mengendalikan diri, misalnya bagaimana menghormati bapak, ibu guru dan teman – teman bagaimana bisa tampak rapih tanpa ditegur oleh bapak / ibu guru.

“contoh pengendalian diri dalam diri kita sendiri serta sikap disiplin diri misalnya setiap bel berbunyi untuk ganti pelajaran, hendaknya anak-anak jangan pada berkeliaran ke luar kelas, keculi kalau memang pada jam berikutnya harus pindah ruangan misalnya ke lab atau pelajaran olah raga. kemudian kalau jam pelajaran terakhir telah usai, jika sudah tidak ada kepentingan lagi di sekolah, hendaknya anak-anak segera pulang ke rumah masing-masing, karena orang tuamu telah menunggumu di rumah. jangan sampai diusir-usir diteriaki melalui pengeras suara. jangan nongkrong-nongkrong, bergerombol yang tiada gunanya, yang hanya akan memancing suasana untuk berbuat yang negatif” lanjutnya

Diakhir amanatnya Kapolres menekankan supaya pelajar jangan sampai mau kalau ada pihak yang mencoba untuk mengajak tawuran, jika ada orang yang mengajak adik-adik sekalian untuk demo atau melakukan aktifitas di luar pelajaran jangan sampai mengikuti. adik-adik disini tujuannya untuk sekolah bukan melakukan hal-hal yang tidak ada sangkut pautnya dari sekolah dan pelajaran.

Setelah melaksanakan upacara bendera, Kapolres Sintang memberikan ruang untuk siswa maupun guru dan staf berdialog langsung menyampaikan aspirasi maupun pertanyaan. Didampingi oleh Kepala Sekolah SMKN 1 Sintang Maria Victoria, M. Pd. Kapolres berdialog dekat dan akrab dengan semua elemen sekolah diruang kepala sekolah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here