TNI-Polri Bersinergi Gerak Cepat Evakuasi Warga Terdampak Banjir

0
370
TNI-Polri melakukan evakuasi korban yang terdampak banjir menyusuri pesisiran sungai dengan memberikan bantuan serta mengarahkan warga untuk mengungsi ke posko yang sudah disediakan pemerintah.

Sintang – Hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur wilayah Kalimantan Barat Kecamatan Sintang Kabupaten Sintang, membuat debit air sungai Melawi dan Sungai Kapuas meningkat dan meluap.

Akibatnya, banjir dengan ketinggian bervariasi hingga 2 meter melanda sejumlah daerah di Kalbar. Personel Polri dikerahkan untuk bergerak cepat mengevakuasi warga terdampak, termasuk memberikan bantuan kebutuhan pokok.

Baca juga: Polsek Sepauk Bersama IDI Sintang Lakukan Bhakti Sosial ke Warga Terdampak Banjir

Kapolres Sintang AKBP Ventie Bernard Musak melalui Kapolsekta Sintang Kota Iptu Sutikno mengatakan, personel Polsekta Sintang Kota telah dikerahkan untuk mengevakuasi warga di sejumlah wilayah yang terendam banjir, salah satunya Kecamatan Sintang.

“Membantu mengevakuasi korban yang terkena bencana banjir, termasuk mengamankan barang-barang warga,” ujar Sutikno, Jumat 12/11.

Sementara itu, Kapolres Sintang dan Jajarannya mengerahkan anggota untuk memberikan pertolongan dan bantuan kepada korban banjir. Harapannya, dengan kehadiran polisi dapat membantu dan memberikan rasa aman bagi masyarakat.

Menurutnya, personel Polsek Sintang Kota, telah melaksanakan proses evakuasi dengan menyusuri daerah yang terdampak banjir seperti di Desa-desa sejak pagi. Warga yang terkepung banjir, dievakuasi di posko penanggulangan bencana.

“Para personel dikerahkan untuk mengevakuasi warga ke tempat yang aman. Selain evakuasi, Polres Sintang melalui Polsek Jajaran juga melakukan koordinasi dengan instansi terkait untuk mendirikan Posko Penanggulangan Bencana Alam,” kata Kapolres Sintang AKBP Ventie.

Kapolres Sintang mengingatkan kepada seluruh personel untuk terus meningkatkan kesiap siagaan dalam mengantisipasi bencana banjir karena kondisi cuaca tidak menentu belakangan ini.

“Kami berharap agar air cepat surut, sehingga masyarakat Kalimantan Barat, khususnya di Kabupaten Sintang yang Wilayahnya terdampak banjir Masyarakatnya bisa segera beraktivitas Normal kembali seperti biasa,” ujarnya (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here