Satgas Aman Nusa Polres Kubu Raya Polda Kalbar Intensifkan Penyemprotan Disinfektan Cegah PMK

0
17

Kubu Raya – Satuan Tugas (Satgas) Bantuan Operasi Aman Nusa II Polres Kubu Raya Polda kalimantan Barat mengintensifkan penyemprotan disinfektan ke kandang hewan ternak di Kanupaten Kubu Raya guna mencegah penularan dan penyebaran penyakit mulut kuku (PMK).

Penanggung Jawab Operasi Aman Nusa II Polres Kubu Raya AKBP Jerrold H.Y. Kumuntoy, S.I.K., M.Si., mengatakan penyemprotan disinfektan dilakukan di beberapa kandang ternak di daerah Kabupaten Kubu Raya yang memiliki titik poin penyebaran wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

“Penyemprotan disinfektan yang dilakukan Ops Aman Nusa II Polres Kubu Raya tersebut merupakan upaya Polri dan instansi terkait tergabung dalam satuan tugas untuk menanggulangi penularan dan penyebaran penyakit mulut dan kuku yang menyerang hewan ternak seperti sapi, kerbau, dan kambing,” kata AKBP Jerrold H.Y. Kumuntoy.

Kapolres Kubu Raya AKBP Jerrold H.Y. Kumuntoy mengatakan penyemprotan disinfektan termasuk dalam Operasi Aman Nusa II Tahun 2022, di mana dalam pelaksanaannya dilakukan secara terbuka serta mengedepankan pencegahan, dan memberikan edukasi secara humanis terhadap penggiat peternakan di Kabupaten Kubu Raya.

“Penyemprotan disinfektan dilakukan di area kandang ternak milik warga ini merupakan upaya bersama dalam mencegah penularan serta penyebaran penyakit mulut dan kuku, dan saya selaku penanggung jawab Operasi Aman Nusa II Polres Kubu Raya menghimbau agar masyarakat pengiat hewan ternak untuk bersama-sama aktif dalam menangulangi wabah PMK dengan cara melaporkan kepada Ops Aman Nusa II Polres Kubu Raya jika terdapat gejala klinis pada hewan ternak agar segera ditanggulangi”, pesan Kapolres Kubu Raya AKBP Jerrold H.Y. Kumuntoy.

Sementara itu, Pawasdal Ops Aman Nusa II Polres Kubu Raya IPDA Parman melaksanakan penyemprotan disinfektan dikandang sapi milik Suhedi yang berlamat Jalan Parit Haji Muksin Desa Sungai Raya Dalam.

” Kami lakukan penyemprotan cairan disinfektan di kandang ternak milik Suhedi yang memiliki 9 ekor sapi yang sebelumnya sudah kami lakukan tracing bersama Dinas Peternakan dan Perkebunan Kubu Raya dan dinyatakan sehat bebas PMK, namun kita tetap waspada dengan melakukan penyemprotan cairan disinfektan di area kandang, ungkap IPDA Parman.

” Kami memahami tugas dari pihak kepolisian yang sebelumnya sudah memberikan edukasi tentang PMK ini, yang mana pemerintah bertujuan mencegah wabah PMK melalui operasi Aman Nusa II ini, ungkap Suhedi.

” Kami merasa ini sangat membantu karena bagi kami jikan hewan ternak kami tertular wabah PMK nilai ekonomi penjualan pastilah tak ada harga apalagi jika mengakibatkan kematian hewan kami pasti merugi, jadi kami mengucapkan terimakasi kepada pihak Kepolisian Polres Kubu Raya dan Dinas Petenakan Kubu Raya atas kerja kerasnya dalam menanggulangi wabah PMK ini, jelasnya.(cpt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here