Polres Sintang Akan Gelar Operasi Keselamatan Selama Dua Pekan

0
181
Kapolres Sintang AKBP Tommy bersama Forkopimda melakukan pengecekan pasukan dalam Apel Operasi Keselamatan Kapuas di halaman Mapolres Sintang

Sintang – Prioritas keselamatan berlalu lintas selama dua pekan dilaksanakan oleh Kepolisian Resor Sintang dengan sandi Operasi Keselamatan Kapuas 2023, Selasa (7/2).

Apel gelar pasukan yang dilaksanakan pagi hari tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Sintang Polda Kalbar AKBP Tommy Ferdian menjadi penanda dimulainya Operasi Keselamatan Kapuas hingga 20 Februari mendatang.

Dalam sambutannya dijelaskan oleh Kapolres Sintang operasi ini akan mengedepankan upaya reemtif dan preventif dengan tujuan menurunkan angka kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas.

“Lewat pelaksanaan Operasi Keselamatan Kapuas ini kita harapkan dapat meningkatkan kedisplinan masyarakat dalam berlalu lintas sehingga angka kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Sintang dapat diminimalisir,” tutur AKBP Tommy.

Baca juga: Puluhan Personel Polres Sintang Dikerahkan Dalam Pengamanan Aksi Unras Serikat Petani

Menurut AKBP Tommy untuk Kabupaten Sintang sendiri faktor penyebab kecelakaan hingga saat ini kebanyakan diakibatkan oleh kelalaian pengendara atau faktor human error.

“Dari data kecelakaan yang tercatat oleh Kepolisian, faktor paling utama kecelakaan lalu lintas disebabkan faktor manusia atau human error adapun seperti faktor cuaca itu ada tapi jarang karena kebanyakan warga sadar berkendara pada saat cuaca buruk ini cukup berbahaya,” pungkasnya.

Pada operasi keselamatan ini terdapat beberapa sasaran yang mana diantaranya ada pengendara di bawah umur, tidak menggunakan helm, kenalpot bising dan beberapa pelanggaran lainnya berkendara dibawah pengaruh alkohol, menggunakan handphone saat berkendara serta melebihi batas kecepatan.

Disisi lain Kapolres Sintang juga menegaskan pada pelaksanaan Operasi Keselamatan ini pihaknya juga akan melakukan upaya-upaya pencegahan terhadap aksi balap liar yang kerap meresahkan warga.

Himbauan juga disampaikan oleh Kapolres Sintang agar ditengah pelaksanaan operasi, masyarakat dapat melengkapi surat-surat kendaraan maupun kelengkapan data seperti SIM. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here