Satgas Ops II Aman Nusa Polda Kalbar Turun Langsung Lakukan Penyemprotan Disenfektan Dikandang Ternak Warga

0
32

Pontianak, Kalbar – Satgas Operasi Aman Nusa II Polda Kalbar gencar melaksanakan penyemprotan disinfektan terhadap di kandang dan ternak hewan berkuku belah serta himbauan edukasi tentang wabah PMK dalam rangka Penanganan Penyakit Mulut Dan Kuku, Selasa (4/8).

Kegiatan tersebut dilakukan sebagai upaya pencegahan terhadap wabah PMK, mengingat wabah yang telah menyebar ke berbagai daerah sehingga perlu diantisipasi secepat mungkin dimana juga masih banyak para peternak yang belum mengetahui tentang penyebaran virus penyakit mulut dan kuku ini. Selain itu upaya tersebut dilakukan untuk memulihkan ekonomi masyarakat penggiat peternakan, hal ini berkaitan mendukung program pemerintah pemulihan ekonomi nasional

Sasaran yang menjadi target pengecekan, penyemprotan dan penyuluhan pada hari ini adalah kandang ternak kambing milik Bpk. Agus Liwan di Jalan Petani Gang Petani I Kelurahan Sungai Jawi Kecamatan Pontianak Kota yang berjumlah 19 ekor.

Kompol Abdullah selaku Kasatgas 3 Banops dalam Operasi Aman Nusa II Polda Kalbar menyampaikan bentuk kegiatan operasi kepolisian yakni penyemprotan cairan disinfektan di kandang peternakan hewan ternak dan mensosialisasikan tentang Penyakit Mulut dan Kuku kepada pemilik ternak agar selalu mengecek kondisi ternak apabila terdapat indikasi kondisi pada ternak berupa air liur berlebihan, adanya lepuh atau erosi pada bagian mulut dan kuku dan hilangnya nafsu makan pada hewan maka segera melaporkan ke dinas peternakan dan dinas kesehatan setempat.

“Kita dari Satgas Operasi Aman Nusa II Polda Kalbar pecegahan dan penanganan Penyakit Mulut dan Kuku akan terus melakukan penyemprotan secara rutin pada kandang ternak untuk mencegah penularan Penyakit Mulut dan Kuku karena wabah ini sangat cepat menyebar dalam jangkauan radius 10 Km melalui udara atau airbone” terangnya.
Kegiatan penyemprotan disinfektan tersebut mendapat tanggapan positif dari pemilik ternak bapak Agus Liwan dan berharap agar kegiatan ini rutin dilaksanakan.

“Kami sangat berterima kasih dan mendukung adanya para polisi yang mengecek ternak milik warga, selain itu kandang kami juga disemprot disinfektan menjadi bebas virus sehingga kami merasa aman dan tenang karena sebelumnya belum pernah dilakukan penyemprotan disinfektan” jelasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here