Satgas Ops Aman Nusa II Polda Kalbar Lakukan Pengecekan di Pusat Peternakan Desa Mega Timur

0
21

Sungai Ambawang, Kubu Raya – Satgas Pencegahan penyakit mulut dan kuku ( PMK ) Operasi Kepolisian Aman Nusa II Polda Kalbar gencar melaksanakan pemantauan serta pengecekan kesehatan hewan ternak dan kondisi kandang ternak. ( Jumat 12/8 )

Tim satgas Ops Aman Nusa II Polda Kalbar melaksanakan pemantauan di peternakan kambing Desa Mega Timur Kecamatan Sungai Ambawang Kabupaten Kubu Raya milik bapak H. Ahmad merupakan salah satu peternakan kambing terbesar di Kubu Raya. Adapun kondisi ternak kambing yang dimiliki H. Ahmad saat ini berjumlah 200 ekor kambing dimana sudah dilakukan vaksinasi dan kesemuanya dalam kondisi sehat.

Tim Satgas Ops Aman Nusa II Polda Kalbar tidak hanya melakukan pendataan hewan ternak sehat atau sakit, namun melakukan penyemprotan disinfektan terhadap kandang ternak kambing yang saat ini masih kosong karena menunggu pengiriman dari luar.

“ Kami tetap melakukan penyemprotan disinfektan terhadap kandang ternak kambing yang masih kosong untuk sterilisasi, apabila ternak kambing yang akan masuk kandang akan terhindar dari penyakit mulut dan kuku ( PMK ).” ujar Kompol Abdullah.

Ditambahkannya, selain melakukan pendataan dan penyemprotan disinfektan, Tim Satgas Ops Aman Nusa II juga memberikan himbauan kepada pemilik ternak untuk terus memantau kondisi kesehatan hewan yang apabila mendapati ada hewan ternak yang mengalami sakit untuk segera dipisahkan dan dilaporkan kepada perangkat desa atau ke bhabinkamtibmas Polsek agar segera mendapatkan penanganan dari petugas kesehatan hewan.

Kegiatan himbauan PMK dan penyemprotan disinfektan ini mendapatkan apresiasi positif dari pemilik peternakan bapak Ahmad karena membantu mencegah masuknya virus PMK sehingga peternak merasa tenang dan tidak khawatir mendatangkan ternak-ternak dari luar propinsi.

“Kami sangat terbantu sekali dengan adanya penyemprotan disinfektan atau sterilisasi kandang peternakan milik saya yang saat ini masih kosong, kami mengharapkan bantuan dan Kerjasama dari kepolisian untuk kegiatan sterilisasi kedepannya.” Ujar H. Ahmad.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here