Polda Kalbar Gelar Vicon Kepada Jajarannya Tentang Program Satu Bhabinkamtibmas Satu Desa

0
8

PONTIANAK, KALBAR – Polda Kalbar menggelar Vicon kepada Polres Jajaran tentang Pemenuhan Secara Bertahap Program Satu Bhabinkamtibmas Satu Desa bertempat di ruang Graha Khatulistiwa, Jum’at (2/9).

Vicon tersebut dipimpin Karo SDM Polda Kalbar Kombes Pol Sugiarto, S.H., S.I.K., M.Si. dan Dir Binmas Polda Kalbar Kombes Pol Andi Harsito, S.I.K.

Personel bhabinkamtibmas yang sifatnya di desa atau kelurahan binaan tidak boleh asal dipindahkan oleh Kapolres jajaran, tanpa adanya komunikasi dengan pembina fungsi di Polda.

“Desa atau kelurahan yang belum ditempatkan para bhabinkamtibmas agar di isi yang sifatnya pantauan dan sentuhan,” jelasnya.

Apabila akan ada bhabinkamtibmas di desa atau kelurahan binaan yang akan diberi tugas tambahan. Untuk selalu memantau dan menyentuh desa binaannya, agar diberi pemahaman terlebih dahulu supaya tidak menimbulkan hal yang tidak di inginkan.

“Kriteria desa yang akan dijadikan wilayah pantauan, kalau bisa diupayakan klasifikasinya berdasarkan dengan tempat tinggal personel yang akan dijadikan bhabinkamtibmas,” ucapnya.

Lanjutnya, agar memudahkan para bhabinkamtibmas dalam melaksanakan tugasnya.

Menurutnya, wilayah desa yang rawan terjadinya konflik diisi dengan satu bhabinkmtibmas yang definitif.

Perlu ditekankan kembali kepada Kasatwil dan Ditbinmas untuk melakukan validasi dan update data Bhabinkamtibmas, terdapat 2.027 desa atau kelurahan di Provinsi Kalbar serta sebanyak 869 bhabinkamtibmas di 14 Polres jajaran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here