Penelitian dan Supervisi Puslitbang Polri di Polresta Pontianak Kota Dalam Rangka Pengamanan Pemilu 2024

0
17

Pontianak-Kalbar. Polri merupakan bagian dari fungsi pemerintahan negara di bidang pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, penegakan hukum, perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat. Dalam rangka menjalankan fungsi tersebut, Polri harus selalu mendukung agenda pembangunan nasional termasuk pemilihan umum dan Pilkada serentak di Indonesia.

Pemilihan umum di Indonesia ini merupakan salah satu upaya mewujudkan negara demokrasi yang harus dapat dilaksanakan dengan baik agar tercipta nya pemilihan umum yang profesional dan memiliki kredibilitas yang dapat dipertanggung jawabkan.

Dengan akan diadakannya pemilu pada tahun 2024, dan untuk mengantisipasi agar semua keadaan dapat terkendali dengan baik dan kondusif maka dengan tetap mengedepankan pada pola pelayanan berbasis HAM dan mengutamakan strategi pre-emtif dan pre-ventif, maka perlu perhatian kesiapan peralatan fungsi Dalmas dan PHH.

Hal ini dapat dilihat dari berbagai kasus yang terjadi di lapangan saat mengantisipasi aksi unjuk rasa yang bersifat anarkis, masih ditemukan adanya kondisi peralatan Dalmas dan PHH Polri pada saat digunakan tidak berfungsi secara optimal (malfungsi), seperti kaca helm dan tameng pecah terkena lemparan benda keras, dan lain lain.

Jika kebutuhan peralatan Dalmas dan PHH baik untuk perorangan maupun kesatuan masih kurang memadai, baik dari kuantitas maupun kualitas maka akan berpengaruh pada kesiapan Polri dalam melakukan pengamanan Pemilu pada tahun 2024 nanti.

Untuk itu maka Puslitbang Polri memandang penting melakukan penelitian tentang “Evaluasi Peralatan Dalmas dan PHH Polri Dalam Rangka Persiapan Pengamanan Pemilu 2024”.

Melalui penelitian ini diharapkan dapat mengetahui kondisi riil peralatan Dalmas dan PHH yang tergelar di wilayah, sehingga Polri dapat melakukan langkah-langkah perbaikan dan peningkatan kelayakan mutu peralatan Dalmas dan PHH dalam rangka kesiapan pengamanan pemilu serentak yang waktunya kurang dari dua tahun.

Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan dua pendekatan yaitu secara kuantitatif dan kualitatif. Dimana pengumpulan data dilakukan melalui; pengisian kuesioner secara online, pengecekan peralatan Dalmas/PHH dan wawancara mendalam (indepth interview) kepada para informan. Hal ini dilakukan di Polresta Pontianak Polda Kalimantan Barat, juga di sepuluh Polda lainnya yang menjadi sampel penelitian.

Adapun tim yang melakukan penelitian di Polresta Pontianak Polda Kalbar dan Polres jajaran diketuai oleh Kombes Pol. Harvin Raslin dengan anggota Penata I Mulyanto, Juru I Dedi Hidayat, dan dibantu oleh Gadang Priyotomo. Konsultan dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Sedangkan tim yang melakukan Supervisi diketuai oleh Kombes Pol. Surya Kumara dengan anggota Penata TK I Mindarti.

Pada kegiatan Penelitian dan Supervisi Puslitbang Polri di Polresta Pontianak juga di hadiri oleh Para Pejabat Utama Polresta Pontianak serta perwakilan dari personil Sat Samapta.

Kapolresta Pontianak Kombes Pol. Andi Herindra dalam sambutannya yang dalam kesempatan tersebut diwakili oleh Kabagren Polresta Pontianak, Kompol Ayin Nurrohman menyampaikan Ucapan Selamat Datang kepada Tim Puslitbang Polri dan mengucapkan terima kasih atas kedatangan Tim Puslitbang Polri, dengan kedatangan Tim Peneliti ke Polresta Pontianak dapat mengoreksi dan menyempurnakan sarana dan prasarana alat dalmas di Polresta Pontianak.

Selanjutnya dalam sambutan ketua Tim Supervisi yang disampaikan oleh Kombes Pol. Surya Kumara mengucapkan terima kasih atas sambutan dari pihak Polresta Pontianak yang telah menerima Tim dengan baik dan siap. beliau menyampaikan kehadiran Tim dalam rangka mengecek kesiapan peralatan Dalmas dan PHH dalam rangka Kesiapan Polri dalam Pengamanan Pemilu 2024. Peralatan Dalmas kebanyakan rusak karena jarang di gunakan. Polresta Pontianak harus siapkan dalmas Awal menjelang Pemilu 2024.

Akhir dari kegiatan, Tim Puslitbang Polri memberikan Kuesioner kepada peserta yang hadir dengan mengisi link yang telah di sediakan dari Puslitbang Polri dan selanjutnya dipimpin Kombes Pol. Harvin Raslin Tim melakukan pengecekan Peralatan Dalmas yang dimiliki Sat Samapta Polresta Pontianak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here