Gencar lakukan tracing PMK, Satgas Ops II Aman Nusa Polda Kalbar Datangi Kandang Ternak Milik Warga

0
28

Pontianak, Kalbar – Satgas Ops Aman Nusa II Polca Kalbar yang dipimpin Kasatgas Kompol Abdullah melakukan pengecekan hewan ternak dan memberikan himbauan, sosialiasi serta edukasi tentang wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) Di wilayah Kota Pontianak, Minggu ( 7/8 ).

Kegiatan ini dilakukan dalam upaya pencegahan penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) karena jika menjangkit hewan-hewan ternak maka akan menyebabkan kematian pada hewan dan banyak masyarakat khususnya peternak sapi akan merugi. Adapun Sasaran yang menjadi target pengecekan, penyemprotan dan penyuluhan pada hari ini adalah kandang sapi milik bapak Samian  ( 58 th )  di Jalan Jalan Parit Haji Husein 2 Gang Barokah Rt. 05 Rw. 05 Kelurahan Bangka Belitung Kecamatan Pontianak Tenggara  yang berjumlah 3 ekor dimana kedua hewan tersebut dalam keadaan sehat.

Kompol Abdullah selaku Kasatgas dalam Operasi Aman Nusa II Polda Kalbar menyampaikan selain menyampaikan himbauan, sosialiasi dan edukasi tentang wabah penyakit mulut dan kuku dilakukan juga penyemprotan cairan disinfektan di kandang peternakan.

“Kami satgas operasi Aman Nusa II Polda Kalbar melakukan Penyemprotan disinfenktan di sekeliling kandang hewan ternak masyarakata secara rutin dilakukan agar dapat  mencegah masuknya wabah PMK yang berupa virus yang dapat menular melalui udara atau airbone dalam jangkauan 10 km dan penyebaran virus ini sangat cepat” terangnya

Kegiatan himbauan dan sosialiasi penyakit mulut dan kuku serta penyemprotan disinfektan tersebut mendapat tanggapan positif dari pemilik kandang ternak bapak Saiman.

“Saya merasa lebih tenang dan aman karena adanya kegiatan penyuluhan dan penyemprotan di kandang ternak kami, sapi kami memang sehat tapi tidak mungkin dapat terkena wabah virus penyakit mulut dan kuku karena adanya penyebaran virus melalui udara yang sangat cepat, ” jelasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here