Curah Hujan Meningkat, Polisi Ingatkan Warga Waspadai Banjir ROB

0
30

Kubu Raya – Intensitas hujan di bulan Oktober begitu tinggi mengakibatkan meluapnya air di sungai Kapuas sehingga masyarakat di tepian sungai Kapuas dan perumahan warga berdataran rendah tergenang luapan air, Kubu Raya merupakan salah satu daerah perairan yang sering mengalami kerawanan banjir Rob.

Di beberapa wilayah Kabupaten Kubu Raya memiliki kerawanan tinggi banjir Rob di wilayah Kecamatan Kakap, Sungai Raya, Kubu, Batu Ampar, Terentang dan Teluk Pakedai, hal ini Polres Kubu Raya jajaran melakukan monitoring dan melakukan imbauan kepada masyarakat yang ter dampak.

“ Intensitas Hujan di Kabupaten Kubu Raya pada bulan oktober ini sangat tinggi, kami dari Polres Kubu Raya beserta jajaran membentuk Satgas pemantau bencana untuk melakukan patroli di pemukiman warga yang te dampak banjir Rob, ungkap Kasubsi Penmas Aipda Ade, Sabtu (8/10/22).

Ade mengatakan, hampir diseluruh daerah pesisir dan tepian sungai Kapuas daerah Kabupaten Kubu Raya ter dampak Banjir pasang surut (ROB), dan setiap daerah tersebut pihaknya melakukan pemantauan serta imbauan kepada masyarakat agar mewaspadai dari Angin puting beliung, gelombang besar dan kelistrikan, dengan kejadian alam ini Polres Kubu Raya dan jajaran melakukan siaga bencana.

Banjir Rob yang melanda di beberapa tempat di Kabupaten Kubu Raya, terjadi di setiap tahunnya, Polres Kubu Raya dalam hal ini sudah membentuk Satgas Pemantauan Bencana untuk membantu masyarakat.

“Satgas Pemantauan Bencana yang terdiri dari Bhabinkamtibmas, Babinsa, Pemdes, Puskesmas, Pemuda dan Toko Masyarakat turun langsung ke pemukiman warga yang terdampak banjir Rob, hal ini bertujuan pemantauan pasang surutnya air, serta melayani warga yang membutuhkan pertolongan, “kata Ade.

“ Kami dari Polres Kubu Raya menghimbau kepada warga untuk mewaspadai bencana Banjir ROB, utamakan keamanan kelistrikan yang mudah terjangkau oleh air, segera hubungi Tim Siaga di Polsek Setempat jika mebutuhkan pertolongan, tegas Ade.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here