Cegah PMK, Personel Satgas Ops Aman Nusa II PMK Semprot Kandang Ternak

0
18

Ketapang – Satgas Operasi Aman Nusa II PMK Polres Ketapang ikut aktif dalam penanganan penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak. Salah satunya dengan melibatkan Polsek jajaran untuk turun langsung membantu penanganan PMK di tingkat desa.

“Kapolres Ketapang AKBP Yani Permana telah menginstruksikan kepada seluruh personel yang terlibat dalam Operasi Aman Nusa II PMK di Polres Ketapang dan di seluruh polsek jajaran untuk melakukan pengecekan ke setiap peternakan sapi, kambing dan kerbau milik warga,” kata Kasi Humas Polres Ketapang IPTU Laury, Senin (25/07/2022).

Pengecekan ke peternak sapi, kambing, dan kerbau tersebut diikuti dengan ‘action’ berupa penyemprotan disinfektan ke kandang-kandang ternak di desa-desa. “Satgas Operasi Aman Nusa II PMK ini akan keliling untuk melakukan penyemprotan disinfektan di kandang-kandang. Ini sebagai upaya pencegahan penyebaran wabah PMK yang lebih luas,” ujar Iptu Laury.

Menurutnya, serangan PMK pada sapi-sapi di wilayah Kecamatan Benua Kayong sempat membuat resah para peternak. Mereka kawatir sapi-sapi peliharaannya terserang PMK dan tidak dapat disembuhkan.

“Karena itu, jajaran Polres Ketapang melalui Satgas Operasi Aman Nusa II PMK tidak tinggal diam. Penyemprotan disinfektan di kandang ternak memang sangat diperlukan, sebagai salah satu langkah pencegahan penularan PMK,” terangnya.

Selain melakukan penyemprotan disinfektan ke kandang-kandang ternak, Satgas Operasi Aman Nusa II PMK juga mensosialisasikan ke masyarakat, tentang pencegahan PMK. Sosialisasi itu dilakukan agar masyarakat tidak bingung apa yang harus dilakukan apabila hewan ternaknya terkena PMK.

“Jadi para personel tidak sekedar memberikan himbauan kamtibmas, tetapi juga membantu sosialisasi agar wabah PMK tidak semakin meluas,” ucapnya.

Penulis : humas polres ketapang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here