Kapolsek Tempunak dan Anggotanya Lakukan Patroli Antisipasi Karhutla

0
396

News.polrestasintang.com – Tempunak, musim panas dan kebiasaan warga masyarakat dalam membuka Iahan dengan cara membakar, perlu diantisipasi agar tak terjadi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah hukum Polsek Tempunak melaksakan Patroli pukul 14.00, pada Jumat 6 Agustus 2019.

Kapolsek Tempunak dan Anggota Polsek Tempunak serta Bhabinkamtibmas Desa Balai harapan Kecamatan Tempunak, Bripka Khoirul Bazar bersama Kepala desa Balai Harapan melakukan patroli gabungan guna melakukan antisipasi karhutla.

“Kapolsek dan Anggotanya dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya Kebakaran hutan dan Iahan mengingat saat ini cuaca cukup panas,”kata Kapolsek Tempunak Iptu Mulyo Wibowo.

Dikatakanya, patroli yang dilakukan bersama Warga menyisir wilayah di Dusun yang ada di Desa Balai Harapan Kecamatan Tempunak, Kabupaten Sintang.

Saat dilakukann patroli, tidak ditemukan titik api, atau adanya aktifltas warga Desa Balai Harapan tidak ada membakar Iahan.

“Kami juga sudah menyambangi dan mengimbau warga akan bahaya Karhutla untuk mahluk hidup dan keseimbangan ekosistem serta menjelaskan sanksi pidana apabila melakukan pembakaran Iahan melebihi ketentuan,” tegasnya.

Selain itu, kita juga sampaikan agar masyarakat memberikan informasi apabila akan melakukan pembakaran lahan untuk bertani tradisional dan petugas Polri dan TNI akan membantu mengawasi proses pembakaran hingga padamnya api, sehingga warga masyarakat tidak terkena sanksi pidana.

“Saat ini apabila warga tidak melaporkan akan melakukan pembakaran lahan maka saat diketahuinya aktifltas tersebut petugas akan segera mematikan api yang dibakar oleh warga walaupun bertujuan untuk membuka lahan,”jelasnya.

Kapolsek Tempunak Iptu Mulyo Wibowo mengatakatan Patroli Karhutla ini senjaga dilakukan oleh anggota Polsek Tempunak sebagai unit reaksi secepat jika ada titik api. Sehingga Iangkah-langkah antisipasi dan pemadaman dapat segera dilakukan.

Kapolsek menambahkan, sampai saat ini situasi masih aman terkendali. Dikatakanya, patroli ini juga dilakukan dengan tujuan sebagai daya cegah/daya tangkal terjadi karhutla yang dapat menimbulkan bencana asap.

“Kita juga minta kerjasama semua pihak agar tidak terjadi kebakaran hutan dan Iahan di wilayah kita, ini demi kebaikan kita semua,” pungkasnya.

Penulis : Khoirul

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here