Kapolres Serahkan Bantuan Sembako ke Warga Terdampak Banjir

0
390

Sintang – Kapolres Sintang, AKBP John Ginting menyambangi Polsek Kayan Hilir, Minggu (13/7/2020). Dengan menggunakan perahu motor, beliau mendatangi warga Kayan Hilir yang sedang dalam suasana banjir. Dalam kunjungan tersebut, Kapolres memberikan bantuan sembako kepada warga terdampak.

Bahan sembako berupa 25 dus mie instan dan 250 kaleng susu cair diangkut menggunakan perahu motor dari Desa Mekar Mandiri. Perjalanan pengangkutan menerobos perkebunan warga yang sudah dipenuhi air.

Tampak warga pun hilir mudik mengevakuasi diri dan keluarga menggunakan perahu baik yang menggunakan dayung manual dan mesin speedboat. Sejumlah warga tampak juga bertahan di rumahnya, membuat rak darurat untuk mengamankan sebanyak mungkin barang.

Dalam situasi darurat tersebut, penyerahan bantuan itu pun terpaksa dilakukan di tengah genangan air. Bantuan tersebut secara simbolis diberikan kepada Sabli, salah seorang ketua RT setempat. Untuk selanjutkan akan didistribusikan kepada warga lain bersama dengan anggota jajaran Polsek Kayan Hilir.

“Tentu kita lihat saat ini masyarakat sedang sibuk menyelamatkan barang-barang. Kita mengantisipasi waktu rehat mereka, dengan makanan instan yang kita bawa, agar memudahkan warga untuk tetap dapat mengisi nutrisi diri selama berjibaku dengan situasi ini,” terang AKBP John Ginting.

“Saya himbaukan agar warga yang sudah dapat tempat untuk mengungsi, segera mengusahakan makanan yang lebih baik dari agar kesehatannya tetap terjaga. Untuk susu cair kita harap bisa disebar terutama kepada anak-anak, untuk tambahan nutrisi bagi imun mereka,” tambahnya.

Kapolres juga menghimbau kepada warga untuk secara ekstra memperhatikan anak-anak, wanita dan lansia untuk dievakuasi terlebih dahulu ke tempat yang aman. Kepada warga lainnya, ia menyampaikan agar juga tetap waspada pada sebaran covid 19.

“Situasi ini membawa kita rentan pada sakit perut, diare dan gata-gatal karna air genangan air ini sudah tentu tidak bersih. Jadi perhatikan dengan seksama kesehatan diri dan anggota keluarga anda sekalian, dan jangan lupa untuk tetap waspada pada penyebaran virus covid 19. Tetap perhatikan protokol kesehatan yang sudah disampaikan oleh pemerintah. Jaga jarak saat berkumpul dan tetap pakailah masker,” ujar AKBP John Ginting. (hps)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here