Jelang Sepekan, Ops Patuh Kapuas Hasilkan 80 Surat Tilang

0
471

Sintang – Operasi Patuh Kapuas 2020 di Sintang, yang digelar sejak tanggal 23 lalu telah berjalan dengan baik lancar. Menurut keterangan Kasat Lantas Polres Sintang, AKP Aulia Hadiputra, SH, SIK timnya sudah memeriksa lebih dari 250 kendaraan bermotor setiap harinya.

Sejak dimulainya kegiatan, tim sudah melakukan penindakan sebanyak 80 tilang. Sebagian besar yang terkena penindakan melakukan pelanggaran berupa kelengkapan surat menyurat. Sebagian lainnya mendapat teguran karna tidak gunakan helm, knalpot racing serta muatan berlebih.

“Pada operasi Patuh Kapuas kali ini, kita memang mengedepankan 8 sasaran prioritas pelanggaran yaitu tdk gunakan helm SNI (Standar Nasional Indonesia), bonceng 3, melawan arus, menggunakan kenalpot blong/racing, tidak mengenakan sabuk pengaman saat menyetir, membawa muatan berlebih serta over dimensi,” ungkap AKP Aulia.

Kasat Lantas juga mengungkapkan bahwa setiap kalinya, tim yang diturunkan untuk melakukan pemeriksaan sekitar 35 personil.

“Sejauh operasi telah berjalan, kita sudah melakukan tindakan tegas kepada warga kurang lebih 80 penilangan, khususnya untuk kasus-kasus kasat mata seperti tidak menggunakan helm saat berkendara, surat menyurat tidak lengkap. Dalam tahun ini operasi Patuh Kapuas ini menargetkan jumlah tilang hanya 20 persen, kita akan lebih banyak memberikan teguran secara khusus untuk kepatuhan masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan mengingat saat ini kita sedang dalam situasi pandemi covid,” kata AKP Aulia lagi.

Dalam operasi ini juga dilakukan himbauan protokol kesehatan seperti gunakan masker saat berkendara di luar rumah, jaga jarak saat berhenti di lampu merah dan mencuci tangan setibanya di rumah usai bepergian. Selama 5 hari terakhir beberapa titik yang menjadi tempat pemeriksaan, seputaran Jalan Lintas Melawi, jalan MT Haryono dan Simpang Tugu Bambu Runcing.

“Kami harapkan kepada warga Sintang untuk tetap mematuhi protokol kesehatan saat berkendara, siapkan surat-surat kendaraan saat berpergian, gunakan atribut berkendara dengan baik dan benar serta patuhilah rambu-rambu lalu lintas yang ada, agar perjalanan dapat lancar dan aman bagi diri sendiri dan juga orang lain,” pesan AKP Aulia. (hps)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here