Dari Pengamanan Hingga Mediasi, Jajaran Polres Sintang Dalam Pusaran BLT

0
577

Tempunak – Beberapa bulan terakhir, di desa-desa sibuk dilakukan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa. Secara otomatis personil jajaran Polres Sintang pun turun langsung mengamankan dan memantau jalannya kegiatan tersebut.

Tidak hanya sampai disitu, Selasa (07/07/2020) Aiptu Paulus, selaku Bahbinkamtibmas Polsek Tempunak ikut membantu proses mediasi antara warga yang melakukan penyegelan kantor desa dengan Kepala Desa Merti Jaya di Gedung serba guna Desa Merti Jaya Kecamatan Tempunak Kabupaten Sintang. Dalam aksinya warga menuntut supaya Kades transparan dalam pengelolaan anggaran dana. Warga juga mempertanyakan data penerima bantuan sosial dampak Covid -19 yang dinilai tidak tepat sasaran.

“Alhamdulilah, segel Kantor Desa Merti Jaya sudah dibuka. Proses mediasi juga berjalan dengan lancar dan baik,” kata Aiptu Paulus. “Tadi juga diberikan penjelasan mengenai mekanisme dan tata kelola penyaluran BLT-DD itu, sehingga masyarakat dapat lebih mengerti dan mau menerima proses yang ada,” tambahnya.

Demi menjaga keamanan dan ketertiban penyaluran BLT DD di tempat lain, jajaran anggota Polres Sintang terus ikut terlibat aktif saat dilaksanakan kegiatan serupa. Seperti dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Polsek Ketungau Hilir, Brigpol Wahyudin di Desa Nanga Ketungau Kecamatan Ketungau Hilir Kabupaten Sintang, Selasa ( 07/07/2020 ).

“Guna memenuhi protokol kesehatan, penyaluran BLT Dana Desa dilakukan dengan cara di panggil satu persatu penerimanya,” terang Brigpol Wahyudin. “pengamanan kegiatan penerima bantuan langsung tunai dilakukan agar kegiatan dilakukan sesuai protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah. Selain itu juga demi ketertiban dan keamanan kegiatan itu sendiri,” tambahnya.

Upaya pengamanan serupa dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Polsek Kayan Hilir, Briptu Rio Hendriko di di kantor Desa Lengkong Bindu dan Kasi Humas Polsek Kelam Permai, Aipda Troyan Alberto di Kantor Pos Jetak serta Bhabinkamtibmas Polsek Sepauk Bripka M. Taufik di Kantor Desa Bedayan Kecamatan Sepauk Kabupaten Sintang. Demikian pula di Polsek Serawai, sebagaimana di sampaikan oleh Kapolsek Serawai, IPTU Muhammad Rasyid dalam rilis giatnya.

“Setiap kegiatan pemerintah wajib kita kawal dengan baik, harapannya apa yang menjadi sasaran dari pemerintah dapat terlaksana secara tepat sasaran. Saya bersama dengan teman-teman Anggota Polsek Serawai akan berusaha bekerja ikhlas dan tuntas karena memang sudah menjadi tanggung jawab kami”, tutur Iptu Rasyid. (hps)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here