Bhabinkamtibmas Berbagi Pengalaman Cara Bercocok Tanaman yang Baik

0
550

Kayan Hilir – Bhabinkamtibmas Desa Engkarangan Polsek Kayan Hilir Brigpol Joko Utomo menyambangi Petani di Dusun Terongi Desa Engkarangan, Jumat, 5/6/20.

Lahan Kebun tersebut milik Bapak Ludau, umur 45 tahun, dengan luas lahan 1,5 Ha, yang separuhnya di garap oleh ibu – ibu di dusun tersebut.

Dalam melaksanakan Sambang dan sekaligus berdialog langsung dengan masyarakat di desa tersebut merupakan kesan yang paling menarik, karena bisa ketemu dengan warga masyarakat untuk mendengar celotehan mereka, sebagai Bhabinkatibmas dalam perannya untuk memberikan pemahaman tentang gangguan kamtibmas dan kedekatan bhabinkamtibmas dengan warga masyarakat sedikitnya untuk melihat, mendengar dan merasakan semaksimal mungkin bisa membantu atau mengatasinya.

Melihat apa yang terjadi diwilayahnya,mendengar apa keluhan warga dan merasakannya dalam membantu atau mengatasi masalah yang ada dalam kehidupan warga masyarakatnya.

Indahnya kebersamaan dengan warga masyarakat yang sedang memulai bertani dan berkebun telah dirasakan bhabinkamtibmas desa Engkarang para petani asyik bercocok tanam dengan bercanda gurau tidak mengenal lelah dibawah panasnya terik matahari maupun guyuran hujan.

Pengorbananya para petani sungguh sangat luar biasa karena dengan berkebun dan bercocok tanaman padi merupakan kegiatan yang sehari – hari di lakukan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidup mereka.

Upaya untuk menyuburkan Tanaman kebun mereka Bhabinkamtibmas desa Engkarangan menyarankan agar menggunakan pupuk buatan atau pupuk alami seperti menggunakan kotoran hewan, Bhabinkatibmas juga menyarankan kepada Masyarakat desa Engkarang, agar berkebun menggunakan cara hidroponik yang lebih populer sekarang ini terang Bhabinkatibmas.

Para petani menerima baik saran dan masukan yang bhabikamtibmasnya sampaikan dan disambut dengan baik sehingga Bhabinkamtibmasnya bisa langsung ikut membantu memanen tanaman sayur mereka, Tujuannnya agar semata-mata bisa menyatu dan merasakan bagaimana jadi seorang petani yang sehari-harinya tanpa mengenal lelah.

Besar harapannya kebersamaan dengan para petani bhabinkamtibmas berpesan agar tetap waspada dan hati-hati dengan musim sekarang karena cuaca tidak menentu, dan apabila masyarakat desa Engkarang mengalami kesulitan tentang pupuk bisa segera melaporkannya agar segera bisa diatasi dari Pemerintah.Semoga panen tahun berikutnya lebih baik lagi serta bisa meningkatkan kesejahteraan para petani.

Penulis : Dartinus | Editor: Yob

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here